Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Lectora Inspire Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI MIPA MAN 1 Batanghari

Arifki, Ikhsan (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Lectora Inspire Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI MIPA MAN 1 Batanghari. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (270kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Arifki, Ikhsan. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Lectora Inspire Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI MIPA MAN 1 Batanghari. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Prof. Dr rer. nat. Asrial, M.Si, Pembimbing II: Dr. Drs. Haryanto, M.Kes Kata kunci: Pengembangan, Media, Interaktif dan Software Lectora Inspire Pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang baru dikenal oleh siswa sekolah menengah atas, sehingga tidak sedikit yang tidak menyukai kimia dan mereka beranggapan bahwa kimia merupakan mata pelajaran sulit karena harus berhadapan dengan konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga membutuhkan pemahaman yang cukup tinggi bagi siswa. Hal ini mengakibatkn siswa dalam belajar cenderung pasif dan tidak efisien yang mengakibatkan nilai siswa berada dibawah rata-rata. Berdasarkan hasil waeancara dengan guru ketuntasan siswa dalam kelas cukup rendah yaitu sekitar 60% dengan KKM 68 selama beberapa tahun belakangan ini. Oleh karena itu perlunya pembaharuan dalam belajar misalnya dengan menggunakan media pembelajaran. Adanya media dalam pembelajaran membuat belajar lebih menarik, lebih interaktif, dan kualitas belajar dapat ditingkatkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara teoritis dan kelayakan secara praktis media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan software lectora inspire pada materi hidrokarbon kelas XI MAN 1 Batanghari. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Adapun tahap tersebut yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunkan berupa angket kebutuhan, wawancara guru, Angket Validasi Kelayakan produk secara teoritis (konten dan konstruk), angket penilaiaan guru dan angket respon siswa. Seteelah mendapatkan validasi kelayakan dari validasi media dan juga penilaiaan guru, media pembelajaran selanjutnya diuji cobakan kelompok kecil guna untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran menggunakan software lectora inspire . Hasil validasi media (konten dan konstruk) diperoleh persentase 92% dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Selanjutnya, untuk penilaian guru diperoleh persentase 94,66% dinyatakan sangat layak sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa kelas XI MAN 1 Batanghari diperoleh persentase 80.13% (layak). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media (konten dan kontruk), penilaian guru dan respon siswa, secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk media pembelajaran berbasis Software Loectora Inspire Pada Materi Hidrokarbon ini layak untuk digunakan secara teoritis dan praktis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Interaktif dan Software Lectora Inspire
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ARIFKI
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:00
Last Modified: 19 Jul 2022 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37467

Actions (login required)

View Item View Item