OETARY, FIRDA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FIRDA OETARY (A11C118021).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK Oetary, Firda. 2022. Pengembangan e-modul berbasis pendekatan kontekstual pada materi hidrolisis garam: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si., (2) Dr. Dra. Wilda Syahri, M. Pd., Kata kunci: E-modul, pendekatan kontekstual, hidrolisis garam Era Revolusi Industri 4.0 menuntut perkembangan serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai fasilitas yang lebih canggih untuk memperlancar proses pembelajaran. Salah satunya yaitu berupa modul dalam bentuk elektronik. Penyajian materi dalam e-modul dilengkapi dengan teks, gambar dan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan e-modul, kelayakan e-modul serta penilaian guru dan respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi. Desain pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin & Peck terdiri dari tiga tahap yaitu tahap kebutuhan, tahap desain serta tahap pengembangan dan implementasi. Pada setiap tahap dilakukan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi selanjutnya dinilai oleh guru kemudian diujicobakan kepada kelompok kecil siswa. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Miles & Huberman dan data kuantitatif dianalisis menjadi data interval dengan menggunakan skala likert. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli media dan materi pada tahap pertama berupa saran dan masukan seperti pada media perbaikan pada ukuran huruf, ukuran gambar, kesesuaian halaman, warna pada huruf. Sedangkan pada materi saran dan masukannya yaitu harus adanya petunjuk penggunaan e-modul, revisi refleksi mandiri serta revisi soal pada tiap evaluasi. Validasi tahap kedua saran dari ahli materi telah diperbaiki dan memperoleh hasil bahwa produk yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Setelah dinyatakan layak oleh ahli media dan materi selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru yang mendapatkan skor 51 dengan kategori sangat baik dan hasil respon siswa sebesar 86,89% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis pendekatan kontekstual layak untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | OETARY |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 03:30 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 03:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |