Gusriani, Neli and Dewi, Yusra and Sinaga, Albertus (2022) Penerapan Teknik Akrostik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI NELI GUSRIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.Neli.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.Neli.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
Abstract
Gusriani, Neli. 2022. Penerapan Teknik Akrostik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Dra. Hj.Yusra D., M. Pd. (II) Drs. Albertus Sinaga, M. Pd. Kata Kunci: penerapan, teknik akrostik, menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik akrostik dan hasil penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi, sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas X Akuntnasi SMK Negeri 5 Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X Akuntansi. Sedangkan data yang digunakan berupa proses pembelajaran dan hasil karya puisi siswa dengan menggunakan teknik akrostik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan teknik akrostik dilaksanakan dengan tahap perencanaan dan penerapan teknik akrostik. Dalam perencanaan guru menyusun RPP sesuai dengan MGMP kelas X dan menentukan teknik yang akan digunakan yaitu teknik akrostik. Pelaksanaan teknik akrostik dalam menulis puisi dapat berjalan dengan baik, siswa dan guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan efektif, namun, masih terdapat 2 orang siswa yang tidak menunjukkan keaktifan dan kesungguhaan dalam pembelajaran menulis puisi. (2) Hasil penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi adalah: (a) 9 orang siswa memiliki hasil karya dalam kategori sangat baik, 4 orang siswa masuk kategori baik, 2 orang siswa masuk kategori cukup, (c) beberapa siswa masih ada yang memperoleh sangat kurang, yakni sejumlah 2 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik akrostik ternyata efektif dalam kegiatan menulis puisi. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar menulis puisi siswa kelas X Akuntansi SMKN 5 Kota Jambi berkategori baik dengan nilai rata-rata 75,83.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | GUSRIANI |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 01:40 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 01:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |