Sari, Monalisa Senangta Purnama and Rasdawita, Rasdawita and Hilman, Yusra (2022) Penerapan Metode Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP1) SMK Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, Univeritas Jambi.
![]() |
Text
cover_skripsi_Monalisa123.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB I_Monalisa.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_MONALISA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V_Monalisa.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_Monalisa.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan Ttd.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan_mona.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sari, Monalisa Senangta Purnama. 2022. Penerapan Metode Konstruktivisme Pada Matapelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP1) SMK Negeri 5 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (I) Dra. Rasdawita, M.M., (II) Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci : Penerapan Metode Konstruktivisme, Menulis Puisi Salah satu masalah yang ditemui dalam pembelajaran ialah kurang menariknya metode yang digunakan guru. Pembelajaran di kelas hanya terjadi satu arah sehingga suasana kelas kurang hidup, metode konstruktivisme, diharapkan mampu membuat pembelajaran menyenangkan dan membuat suasana belajar lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode konstruktivisme dalam pembelajaran menulis puisi di kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP1) SMK N 5 Kota Jambi, berdasarkan langkah-langkah yang ada dalam metode pembelajaran yang diterapkan. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BDP1 SMK N 5 Kota Jambi. Teknik pengumpulan dara berupa tes unjuk kerja, FGD (Forum Group Discussion) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru memiliki kendala dalam ketegasan mengatur siwa. Seorang siswa tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan. Hal tersebut menjadi kekurangan guru dalam ketegasan peraturan pada awal pembelajaran. Namun pada akhirnya siswa tersebut mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Secara keseluruhan guru mampu memberikan suasana mengasyikkan dalam pembelajaran yang berdampak pada rasa kenyamanan siswa dalam belajar, visualisasi serta bahasa yang sederhana dalam metode ini juga membuat siswa lebih mudah memahami materi pemeblajaran. Guru tidak mendapati hambatan yang berarti dalam penerapan metode ini. Dari hasil temuan peneliti, dapat disimpulkan bahwa penelitian Penerapan Metode Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X BDP1 SMK Negeri 5 Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik. Penerapan metode konstruktivisme ini dapat dikatakan baik dilihat dari kriteria pelaksanaan langkahlangkah yang diterapkan sesuai dengan pendapat ahli serta mendapat respon positif dari siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:54 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |