Agustian, Eza and Warni, Warni and Wibowo, Imam Suwardi (2022) Pengguaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
Skripsi Eza Final-4_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Agustian, Eza. 2022.:Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa teks drama kelas VIII SMP Negeri 16 Kerinci:Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I)Dr. Dra. Warni, M.Hum (II) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. Kata kunci: media Audiovisual, keterampilan membaca, teks drama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri16 Kerinci. Kekuatan utama dari media audiovisual terletak pada keterampilan membaca teks drama siswa dalam memahami unsur intrinsik. Penelitian ini di lakuan di SMP Negeri 16 Kerinci. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian pra-experimenta ldesain. Pengambilan data dilakuan dengan cara observasi dan tes kemampuan siswa dalam memahami unsure intrinsik teks drama putri pinang masak. Analisis data menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian yang didapatkan berupa nilai siswa yang dipengaruhi dari penggunaan media audiovisual terhadaphasil belajar membaca teks drama kelas VIII SMP Negeri 16 Kerinci. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre-test. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai tertinggi 14 sedangkan nilai terendah 8. Setelah di berikan perlakukan menggunakan media audiovisual menunjukkan peningkatan dengan nilai tertinggi 19 dan terendah 14. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Dari perhitungan hasil uji-t terhadap data pre-testdan post-test menunjukkan peningkatan. Di ketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 <0,005, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa pada data pre-test dan post-test. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media audiovisual efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian guru diharapkan memperbanyak pengadaan model dan media pembelajaran. Dengan hal tersebut, guru lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran juga membuat siswa tidak merasa bosan dan jenuh sehingga bisa menimbulkan motivasi belajarnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Agustian |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:50 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |