ISMAIL AQSO, GANI (2022) PROBLEMATIK GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEKS ULASAN KELAS VIII DI SMP ISLAM AL FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (996kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text
daftar rujukan.pdf Download (995kB) |
Abstract
Aqso, Gani Ismail. Problematik Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Teks Ulasan Kelas VIII Di SMP Islam Al Falah Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. (2) Drs. Akhyaruddin, M.Hum. Kata Kunci: Problematik, Guru, Teks Ulasan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematik guru bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran pembelajaran teks ulasan dan upaya apa yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problem-problem yang ada dalam melaksanakan pembelajaran teks ulasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al Falah Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga problematik yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran teks ulasan di kelas VIII SMP. Problematik guru tersebut ditemukan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) Problematika perencanaan adalah waktu belajar yang dipersingkat. (2) Problematika pelaksanaan yaitu (a) guru harus mengajarkan dan memberikan tugas dengan waktu yang singkat sehingga pembelajaran kurang optimal, (b) siswa kurang fokus sehingga siswa kurang memahami materi. (3) Problematika evaluasi adalah waktu yang sedikit untuk mengerjakan tugas di sekolah. Hasil penelitian juga menunjukkan guru memiliki cara untuk mengatasi problem yang timbul di dalam pembelajaran. Usaha-usaha tersebut di antaranya: 1) Usaha guru mengatasi problematik perencanaan, guru mengirimkan materi yang sedang diajarkan melalui google classroom, jika terdapat tanggal merah atau libur. 2) Usaha guru mengatasi problematik pelaksanaan antara lain: a) guru menambah pertemuan untuk menyelesaikan semua materi teks ulasan dan pengerjaan tugas siswa, b) guru menjelaskan dengan contoh dan analogi sederhana. 3) Usaha guru mengatasi problematik evaluasi adalah guru menjelaskan seluruh materi yang terdapat dalam teks ulasan, lalu memerikan tugas. Jika hal tersebut kurang optimal guru menambah pertemuan untuk menyelesaikan seluruh pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Aqso |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:27 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 04:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |