Pengembangan e-LKPD Interaktif Berorientasi KPS Dengan Menggunakan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) Pada Materi Sistem Koloid Di MIPA SMA

Soniya, Rita (2022) Pengembangan e-LKPD Interaktif Berorientasi KPS Dengan Menggunakan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) Pada Materi Sistem Koloid Di MIPA SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
A1C118067_SKRIPSI RITA SONIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Lembar persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Soniya, Rita. 2022. Pengembangan e-LKPD Interaktif Berorientasi KPS Dengan Mengg- unakan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) Pada Materi Sistem Koloid di MIPA SMA. Skripsi, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Affan Malik,M.E., Pembimbing II Drs.Yusnidar,M.Pd. Kata kunci : e-LKPD, Keterampilan Proses Sains (KPS), Sistem Koloid e-LKPD adalah salah satu bahan ajar yang dimanfaatkan membantu dan mempermudah dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar e-LKPD sistem koloid berorientasi keterampilan proses sains dengan menggunakan pendekatan chemoentrepreneurship terdiri atas kegiatan belajar yang berisi materi , video pembelajaran, gambar, dan animasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pengembangan e-LKPD berorientasi Keterampilan proses sains dengan menggunakan pendekatan chemoentrepreneurship pada materi koloid berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli media, penilaian guru, dan respon siswa. Penelitian yang digunakan menggunakan model Lee & Owens. Pada e-LKPD ini memiliki 5 fitur KPS yaitu mengelompokkan/klasifikasi, melakukan komunikasi, mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan, dan menerapkan konsep kemudian semua bahan garapan dari semua fitur ini yaitu industi kimia sederhana atau disebut dengan chemoentrepreneurship. Hasil penelitian dari hasil validasi oleh materi dan ahli media diperoleh skor dengan kategori sangat layak setelah melalui revisi. Dalam penilaian guru didapatkan skor 62 dengan nilai persentase kelayakan 82,67% termasuk dalam kategori layak, dan pada uji coba kelompok kecil persentase kelayakan 79,11% termasuk dalam kategori layak yaitu sebanyak 15 orang peserta didik. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa e-LKPD sistem koloid berorientasi keterampilan proses sains dengan menggunakan pendekatan chemoentrepreneurship saat diimpelemtasikan memperoleh respon positif dari peserta didik dan juga penilaian guru bahwa e-LKPD dinyatakan layak digunakan secara praktis, sedangkan validasi secara teoritis yang telah dilakukan memperoleh kategori sangat layak berdasarkan validasi oleh ahli materi dan validasi oleh ahli media.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, Keterampilan Proses Sains (KPS), Sistem Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SONIYA
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:34
Last Modified: 19 Sep 2022 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39481

Actions (login required)

View Item View Item