Efisiensi Pemasaran Ikan Laut di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kuala Tungkal

Nazifa, Boti Iffa (2022) Efisiensi Pemasaran Ikan Laut di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kuala Tungkal. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK-2.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi Boti.pdf

Download (114kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kecamatan Tungkal Ilir berada di posisi yang berhadapan langsung dengan sungai pengabuan, selat berhala, dan laut cina selatan. Dimana kawasan tersebut merupakan kawasan yang memiliki potensi sumberdaya perikanan tangkap yangsangat menjanjikan, sehingga terbentuk peluang yang sangat besar untuk mengembangkan usaha pemasaran perikanan tangkap didaerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran yang terjadi di PPP Kuala Tungkal. Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kuala Tungkal Provinsi Jambi pada tanggal 15 Maret sampai dengan tanggal 3 April 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dan teknik penentuan responden dilakukan secara sensus. Analisis data menggunakan analisis deskriptif pada saluran pemasaran, margin dan efisiensi pemasaran menggunakan rumus. Untuk uji statistik menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka terdapat 3 saluran pemasaran di Pelabuhan Perikanan Pantai Kuala Tungkal yang terbagi atas 3 pola yaitu, (1) Nelayan – Pedagang Pengumpul – Pedagang Agen – Konsumen, (2) Nelayan – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen, dan (3) Nelayan – Pedagang Pengumpul – Konsumen. Margin pemasaran Saluran Pemasaran I adalah senilai Rp. 16.980,7/kg (57,6%), Saluran Pemasaran II senilai Rp. 19.515,5 (60,9 %) dan Saluran Pemasaran III senilai Rp. 6.150,9 (32,9 %). Nilai Efisiensi Pemasaran pada Saluran Pemasaran I sebesar 2,05%, Saluran Pemasaran II sebesar 1,57% dan Saluran Pemasaran III sebesar 1,97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran II yang disarankan untuk lembaga pemasaran terutama pedagang pengumpul menggunakan saluran pemasaran II.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Hasil Tangkap Perikanan, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Uji t.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Peternakan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
Depositing User: NAZIFA
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:55
Last Modified: 16 Sep 2022 07:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39559

Actions (login required)

View Item View Item