Rolanda, Sintia Aisyah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) dalam Mengkonstruksi Konsep pada Pola Bilangan di SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI SINTIA AISYAH ROLANDA_A1C218002 (1).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI SINTIA AISYAH ROLANDA_A1C218002 (1)-1-2.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI SINTIA AISYAH ROLANDA_A1C218002 (1)-3-4.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI SINTIA AISYAH ROLANDA_A1C218002 (1)-109-111.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI SINTIA AISYAH ROLANDA_A1C218002 (1)-12-19.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI SINTIA AISYAH ROLANDA_A1C218002 (1)-112-114.pdf Download (407kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Problem Centered Learning (PCL) dalam mengkonstruksi konsep pada materi pola bilangan di SMP Negeri 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan tes posttest konstruksi konsep pada 3 kelas sampel yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL), Problem Centered Learning (PCL) dan Konvensional. Setelah memberikan tes posttest, data dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung normalitas dan homogenitas kemudian data diuji hipotesis dengan one-way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Tukey dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis dengan one-way ANOVA adalah 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas sampel. Selanjutnya, dilakukan uji Tukey untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata ketiga kelas sampel, kelas eksperimen I dan kelas kontrol sebesar 8,294 dan kelas eksperimen II dengan kelas kontrol juga terdapat rata-rata perbedaan sebesar 5,941 dan secara statistik signifikan pada 0,05. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Problem Centered Learning (PCL) dalam mengkonstruksi konsep pada materi pola bilangan di SMP Negeri 1 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL). Problem Centered Learning (PCL), Konstruksi Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rolanda |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 07:37 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |