Pengembangan E-Modul Berbasis STEM pada Materi Sistem Koloid dengan Bantuan Aplikasi Canva di Kelas XI IPA SMA

Putri, Marisa (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis STEM pada Materi Sistem Koloid dengan Bantuan Aplikasi Canva di Kelas XI IPA SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_MARISA PUTRI_A1C118079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, marisa. 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis STEM pada Materi Sistem Koloid dengan Bantuan Aplikasi Canva di Kelas XI IPA SMA. Skripsi. Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Yusnaidar, S.Si, M.Si. (II) Drs. Abu Bakar, M.Pd. Kata Kunci: e-Modul, STEM (Science, Technology, Enginnering, and Mathematics), Sistem Koloid. Pembelajaran kimia dapat terlaksana dengan baik karena adanya interaksi pembelajaran yang baik antara pendidik dan peserta didik. Proses pembelajaran kimia memerlukan inovasi pembelajaran yang bisa membuat peserta didik tertarik dan memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu di kembangkan e-modul berbasis STEM pada materi sistem koloid. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis STEM pada materi sistem koloid dengan bantuan aplikasi canva di kelas XI IPA SMA, (2) mengetahui validitas e-modul berbasis STEM pada materi sistem koloid dengan bantuan aplikasi canva di kelas XI IPA SMA, (3) mengetahui penilaian guru dan respons peserta didik terhadap e-modul berbasis STEM pada materi sistem koloid dengan bantuan aplikasi canva di kelas XI IPA SMA. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Hasil analisis wawancara yang dilakukan bahwa guru mendukung untuk mengembangkan e-modul berbasis STEM. Didapatkanlah hasil dalam penelitian ini adalah sebuah e-modul berbasis STEM pada materi sistem koloid dengan bantuan aplikasi canva yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dan masing-masing diperoleh rerata skor penilaian sebesar 4,57 (sangat valid), 4,79 (sangat valid) serta dinyatakan valid untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan penilaian guru, e-modul yang dikembangkan telah sesuai kurikulum dan valid untuk diujicobakan pada peserta didik, diperoleh rerata skor sebesar 4,31 (Sangat baik) serta mendapatkan respons yang sangat baik dari peserta didik. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul ini sangat baik dan berpotensi digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi sistem koloid.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, STEM (Science, Technology, Enginnering, and Mathematics), Sistem Koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:29
Last Modified: 17 Nov 2022 02:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41010

Actions (login required)

View Item View Item