Nurdiana, Fiki and Idrus, Ali and Pratama, Robin (2022) Pengaruh Iklim Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Komitmen Guru SMA Negeri 10 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi A1D518039 FIKI NURDIANA AP.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar persetujuan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (606kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurdiana, Fiki. (2022). “Pengaruh Iklim Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Komitmen Guru SMA Negeri 10 Muaro Jambi”. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Ali Idrus, M.Pd., ME. Pembimbing (II) Dr. Robin Pratama, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Muaro Jambi yang terletak di Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh iklim sekolah terhadap disiplin Kerja. (2) Pengaruh disiplin kerja terhadap komitmen guru. (3) Pengaruh iklim sekolah terhadap komitmen guru. (4) Pengaruh iklim sekolah terhadap komitmen guru melalui disiplin kerja sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian survey dengan menggunakan kuesioner atau angket, metode ini dipilih karena penelitian ini lebih mudah dilaksanakan menggunakan metode survei sehingga mempercepat proses penelitian. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu yang terdiri dari 50 guru di SMA Negeri 10 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan teknik sampling total/sensus sebagai teknik dalam pengambilan sampel. Hasil temuan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap disiplin kerja sebesar 0,623, terdapat pengaruh yang signifikan disiplin kerja terhadap komitmen guru sebesar 0,712, terdapat pengaruh iklim sekolah yang signifikan terhadap komitmen guru sebesar 0,817, dan terdapat pengaruh tidak langsung iklim sekolah terhadap komitmen guru melalui disiplin kerja sebagai variabel mediasi sebesar 0,443 dengan pengaruh total iklim sekolah terhadap komitmen guru sebesar 1,26. Temuan ini selaras dengan beberapa penelitian seperti penelitian oleh Amar (2014), Yuliana (2017) dan Mulia (2017) bahwa iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja. Penelitian dari Liana dan Irawati (2014), Trisnowati (2020) dan Outpen (2020) bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja terhadap komitmen dan penelitian dari Choiriyah (2017), Werang (2018) dan Saragih (2020) ditemukan bahwa iklim sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap komitmen guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | NURDIANA |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:25 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 07:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |