Andriyani, Nofia (2022) PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 JAMBI. S1 thesis, PG-PAUD.
![]() |
Text
NOFIA ANDRIYANI_A1F118050_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (379kB) |
Abstract
ABSTRAK Andriyani, Nofia. 2022 “Pengaruh Media Pop – Up Book Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi”: skripsi, Jurusan pendidikan anak usia dini dan dasar, FKIP Universitas Jambi., pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si pembimbing (2) Uswatul Hasni, M.Pd Kata kunci :Kemampuan kosa kata, Pop – up book, TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan kosakata anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Kurangnya kemampuan kosakata anak terlihat dari beberapa anak masih belum mengenal huruf dan angka, beberapa anak masih belum dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan beberapa anak belum memahami makna kata dalam cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media pop – up book terhadap kemampuan kosakata anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan desain pelitian pre – experimental design dengan pendekatan one group pretest – posttest design. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu anak kelompok B1 yang beranggotakan 17 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitad dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji one sample t – test yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS diperoleh nilai t hitung sebesar (14,575) > t tabel (2,131). T tabel didapatkan dari n – 2 = 15 yang didalam distribusi tabel didapat nilai sebesar 2,131. Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan, dengan kriteria interpretasi cohen’s d 3,15 masuk dalam kategori kuat (strong effect). Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pop – up book terhadap kemampuan kosa kata anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | ANDRIYANI |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 08:08 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 08:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |