Shizuka, Shizuka (2022) Penerapan Metode Inquiry Based Learning Berbasis Scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 6 Kota Jambi pada mata pelajaran sejarah materi pendudukan jepang di Indonesia. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI SHIZUKA (A1A218043).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
Shizuka. 2022. Penerapan Metode Inquiry Based Learning Berbasis Scrapbook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 6 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pendudukan Jepang Di Indonesia: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Si. (II) Apdelmi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Inquiry Based Learning (IBL), Hasil Belajar, Scrapbook Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan indikator peningkatan dari pelaksanaan setiap siklus melalui Metode Inquiry Based Learning Berbasis Scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 6 Kota Jambi pada mata pelajaran sejarah materi pendudukan jepang di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan pelaksanaannya sebanyak 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi dan analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis deskriptif. Sedangkan data dalam peneltian ini diperoleh dari hasil observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Metode Inquiry Based Learning pada setiap siklus terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS I SMAN 6 Kota Jambi. Ketuntasan hasil belajar siswa pada saat pratindakan memperoleh presentase 25,71%, dengan nilai rata-rata 58,28. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh prensentase 51,42% dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh ketuntasan 94,29%, dengan nilai rata rata 80.28 Dari hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 65,54%. Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 83,28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Inquiry Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar sejarah, hal ini ditunjukkan oleh prensentase peningkatan di setiap siklus I dan II. Saran yang dapat diberikan guru lebih proaktif dalam memilih metode pembelajaran salah satunya dengan menggunakan metode Inquiry Based Learning. Penggunaan metode pembelajaran yang berbasis kelompok agar proses pembelajaran lebih aktif dan menarik serta tidak berpusat selalu kepada guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry Based Learning (IBL), Hasil Belajar, Scrapbook |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SHIZUKA |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 02:10 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 02:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |