Pengembangan LKPD Berbasis PjBL (Project Based Learning) untuk Pembelajaran IPA Terintegrasi Materi Gambut di SMP Tanjung Jabung Timur

Juliansih, Perni (2022) Pengembangan LKPD Berbasis PjBL (Project Based Learning) untuk Pembelajaran IPA Terintegrasi Materi Gambut di SMP Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (324kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam mencetak generasi yang cerdas, memiliki kompetensi abad 21 dan kesadaran terhadap lingkungan, untuk itu diperlukan adanya upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman secara sistematis dan berkelanjutan dengan mengembangkan bahan ajar yang mengintegrasikan pembelajaran IPA dengan materi gambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis PjBL (Project Based Learning) untuk pembelajaran IPA terintegrasi materi gambut, untuk mengetahui tingkat kelayakan, penilaian guru dan peserta didik, serta efektifitas dari LKPD yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket validasi materi, desain media, respon guru, peserta didik dan tes yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 29. Subjek uji coba adalah peserta didik dan guru IPA SMPN 12 Tanjung Jabung Timur. Hasil validasi dari validator materi diperoleh sebesar 95,84 % (sangat layak). Selanjutnya validasi dari validator desain media sebesar 95,83% (sangat layak). Hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 97,5% (sangat praktis), hasil uji coba untuk melihat respon peserta didik pada kelompok kecil diperoleh sebesar 87,284% (sangat baik) dan uji coba kelompok besar hasil sebesar 85,33% (sangat baik). Hasil uji efektivitas menggunakan uji paired sample t test, diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) yang menunjukkan penggunaan LKPD berbasis PjBL terintegrasi gambut berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Dengan demikian LKPD berbasis PjBL terintegrasi gambut yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan mendukung keterampilan abad 21 peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, PjBL, Pembelajaran IPA, Gambut
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Juliansih
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:56
Last Modified: 14 Dec 2022 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42040

Actions (login required)

View Item View Item