PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIS DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

LUKMAN, LUKMAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIS DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIS DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
artikel.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Lukman. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Lesson Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kepercayaan diri Siswa Pada Materi Gerak harmonis Di SMA Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M. Pd, (II) Ahmad Syarkowi, M. Pd. Kata kunci: Inquiry Lesson, pemahaman konsep, kepercayaan diri, gerak harmonis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kepercayaan diri siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Lesson pada materi gerak harmonis di kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini terdiri atas beberapa fase kegiatan, yaitu Plan (perencanaan), Action (pelaksanaan), Observation (observasi), dan Reflection (refleksi). Pada tahap perencanaan siklus 1 dilakukan penyusunan RPP, LKS, lembar observasi, angket, dan soal pilihan ganda. Instrumen-instrumen seperti angket dan soal pilihan ganda dilakukan uji coba, dan divalidasi oleh dosen ahli. Kemudian tahap pelaksanaan dilakukan bersamaan dengan tahap observasi. Pada tahap itu juga siswa diberikan soal dan angket yang telah disiapkan. Kemudian pada tahap refleksi dilakukan peninjauan terhadap proses pelaksanaan serta hasil belajar siswa, yang berupa pemahaman konsep dan kepercayaan diri siswa. Hasil pemahaman konsep siswa, didapati bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 73,94 dengan persentase jumlah siswa yang berhasil adalah 19 orang atau 57,58% dari total keseluruhan siswa. Sedangkan persentase tingkat kepercayaan diri siswa adalah 76,79% dari skor maksimum angket. Persentase pemahaman konsep yang telah didapat pada siklus 1 belum mencukupi skor minimal, yaitu sebesar 75 sebanyak 75% dari total keseluruhan siswa. Sehingga perlu dilakukan siklus selanjutnya, yaitu siklus 2. Pada siklus 2, dimulai lagi pada tahap perencanaan. Kemudian dilanjutkan hingga tahap refleksi. Hasil yang didapat pada siklus 2 adalah nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,19 dengan total siswa yang berhasil adalah 28 orang atau 80% dari total keseluruhan siswa. Dan untuk angket kepercayaan diri siswa siklus 2, mengalami peningkatan menjadi 77,19% dari skor maksimum angket. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry Lesson dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kepercayaan diri siswa pada materi gerak harmonis di kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LUKMAN
Date Deposited: 31 May 2018 00:56
Last Modified: 31 May 2018 00:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item