Sara, Yuni (2023) Pengaruh Media Pembelajaran PPKn Berbasis Kartu Kwartet Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP PGRI 4 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Yuni.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI YUNI SARA 1.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
cover yuni.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB I yuni.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB V yuni.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN yuni.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
abstrak yuni.pdf Download (354kB) |
Abstract
ABSTRAK Sara, Yuni. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran PPKn Berbasis Kartu Kwartet Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP PGRI 4 Kota Jambi”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Irwan, M.Pd. (2) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Minat Belajar Salah satu permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat siswa dalam pembelajaran PPKn di SMP PGRI 4 kota Jambi. Permasalahan ini disebabkan kurangnya penggunaan alat peraga atau media pembelajaran yang digunakan dalam kelas. Untuk mempelajari menunjang permasalahan ini, peneliti melakukan survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Tujuan Dari penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran PPKn berbasis kartu kuartet terhadap minat belajar siswa pada kelas VIII SMP PGRI 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini dirancang menggunakan desain eksperimen, metode yang dilakukan adalah percobaan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana untuk menentukan variabel bebas terhadap variabel terikat dalam kondisi yang terkendali. Bentuk desain eksperimen penelitian ini adalah desain Quasi eksperimen. Data survei diperoleh dengan membagikan formulir survei kepada responden (data utama), dan setelah formulir survei dikembalikan, data dibuat secara eksperimental dan kuantitatif menggunakan Excel dan SPSS. Hasil penelitian dilakukan secara kuantitatif dan dianalisis dengan uji hipotesis komparatif dengan rata-rata 58,07 pada kelas eksperimen dan 52,30 pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis uji-t dan perhitungan, terdapat perbedaan yang signifikan antara post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol. Nilai sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,001 untuk kelas eksperimen, 0,001 < 0,05 (5%). Nilai sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,002 pada kelas kontrol, 0,002 < 0,05. Dari perhitungan hasil uji-t dikatakan ada pengaruh minat belajar. Indeks kognitif N-Gain juga menunjukkan peningkatan minat siswa, rata-rata 0,48, dan dapat disimpulkan bahwa siswa melakukannya dengan sangat baik dalam proses pembelajaran. Dari data kajian di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu kuartet berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Siswa yang mendapatkan perlakuan dengan Media Pembelajaran Kartu Kuartet semakin berminat untuk belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SARA |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 03:47 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |