Vannesa, Sylvia (2023) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA DI SMP N 8 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI sylvia.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
file skripsi pipi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Konsep diri, khususnya konsep diri dalam bidang akademik memiliki kaitan yang erat terhadap perilaku belajar. Permasalahan yang masih kerap terjadi pada siswa salah satunya ialah kecemasan menghadapi ujian. Hal yang sama terjadi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi, salah satu permasalahan siswa adalah tidak yakin akan dirinya sendiri, rasa optimis rendah, dan kondisi psikis yang buruk pada persoalan akademik. Siswa mengaku mengalami gangguan kecemasan secara psikis karena merasa ujian adalah beban, sehingga mereka merasakan ketakutan, khawatir, malu apabila gagal, remedial, atau bahkan tidak naik kelas. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara konsep diri dengan kecemasan menghadapi ujian pada siswa. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 93 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan korelasi pearson product moment. Hasil analisis membuktikan bahwa: 1) konsep diri siswa berada pada tingkat yang tinggi dengan persentase sebesar 62,5%, 2) kecemasan dalam menghadapi ujian siswa berada pada tingkat yang sedang dengan persentase sebesar 52,7% dan 3) pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat hubungan negatif dan berarti antara konsep diri dengan kecemasan menghadapi ujian pada siswa di SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Temuan ini memberikan implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling di sekolah untuk menjadi lebih aktif untuk mengembangkan layanan untuk meningkatkan konsep diri, serta melakukan konseling individual maupun kelompok teman sebaya. Kata Kunci: Konsep Diri, Kecemasan Menghadapi Ujian
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri, kecemasan menghadapi ujian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | VANNESA.NM |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 07:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |