Ayu, Debi Hasrifah (2022) PERKEMBANGAN BAHASA KEAKSARAAN ANAK DALAM KELOMPOK B DI TK PEMBINA 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, PG PAUD.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (409kB) |
Abstract
ABSTRAK Ayu, Debi Hasrifah (2022). Perkembangan Bahasa Keaksaraan Anak Dalam Kelompok B Di TK Pembina 2 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Pembimbing (2) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Perkembangan Bahasa, Keaksaraan Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan bahasa dalam keaksaraan anak. Perkembangan bahasa bagian terpenting bagi anak untuk berkomunikasi serta mencapai tahapan pertumbuhan serta perkembangan anak itu. Kemampuan keaksaraan merupakan hal penting yang diciptakan sedini mungkin melalui tahap�tahap usia anak supaya kemampuan anak dalam berbahasa dapat mengalami perkembangan yang selanjutnya mempengaruhi kepribadian anak dalam lingkungan masyarakat. Permasalahan yang diteliti oleh peneliti ini ialah dimana anak tersebut masih belum bisa menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama dan kesulitan anak dalam memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa anak dilihat dari keaksaraannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini yang dipilih yaitu guru kelas B3 dan orang tua siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perkembangan bahasa keaksaraan anak dalam kelompok B di TK Pembina 2 seperti menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, mengenal suara huruf awal dari benda-benda yang ada disekitarnya, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama, memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, membaca nama sendiri, menulis namanya sendiri, dan memahami arti kata dalam cerita sudah berjalan dengan baik. Siswa yang mengalami kesulitan menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama dan memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf ada 2 orang anak. Hal ini disebabkan karna penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan bersifat menonton sehingga anak tidak memperhatikan dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Ayu |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:51 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |