Risma, Riha (2022) Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi Kidlo Toddler Games Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al-Azhar Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_RIHA _RISMA_A1F118052.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN (1).pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
Abstract
ABSTRAK Risma, Riha. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi Kidlo Toddler Games Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al-Azhar Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si., Pembimbing (2) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kidlo Toddler Games, Berpikir Logis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir logis anak usia dini. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada tanggal 27 Januari - 02 Februari 2022 di TK Al-Azhar Kota Jambi, peneliti menemukan adanya permasalahan mengenai kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun yang masih belum berkembang dengan optimal. Dari 24 anak tersebut peneliti menemukan 18 anak yaitu: AH, GA, GS, GI, ME, FL, RS, AP, AD, AQ, AK, AZ, AA, DA, ZA, AR, VA, QI yang belum optimal dalam kemampuan berpikir logisnya.Salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak usia dini adalah kemampuan berpikir logis, sebagaimana salah satu tujuan dari pendidikan anak usia dini yaitu supaya anak mampu berpikir secara logis dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kemampuan berpikir logis perlu dikembangkan pada anak usia dini melalui metode maupun media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game edukasi kidlo toddler games terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Al-Azhar Kota Jambi. Metode yang digunakan Quasi Eksperimental dengan desain Pretest- Postest Control Group Design. Populasi penelitian sebanyak 24 anak. Sampel menggunakan teknik total sampling yaitu dikarenakan jumlah populasi kurang dari 30 maka seluruh jumlah populasi dijadikan sampel yakni sebanyak 24 anak. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian membuktikan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 3,342 > 1,717 pada taraf signifikan α = 0,05 sehingga hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media game edukasi kidlo toddler games terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Al-Azhar Kota Jambi, yang berinterprestasi kuat (Strong effect) dengan nilai 1,36 yang berada pada rentang (> 1,00). Dengan demikian media game edukasi kidlo toddler games dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kidlo Toddler Games, Berpikir Logis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | RISMA |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 02:00 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |