PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

MASTUROH, TITIN (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik)
Titin Masturoh NIM P2A920004_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik)
Cover Titin Masturoh P2A920004.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik)
Halaman Persetujuan dan Pengesahan Titin Masturoh P2A920004.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik)
ABSTRAK Titin Masturoh P2A920004.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik)
Bab I Titin Masturoh P2A920004.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik)
Bab V Titin Masturoh P2A920004.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik)
Daftar PustakaTitin Masturoh P2A920004.pdf - Published Version

Download (369kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS), Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemecahan masalah matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah materi teorema Pythagoras. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu. Populasi sebanyak 71 peserta didik yang terbagi menjadi 4 kelas dan sampel terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas eksperimen I (19 peserta didik), kelas eksperimen II (20 peserta didik), dan kelas kontrol (18 peserta didik). Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan lembar observasi, angket motivasi belajar, dan tes pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS dan PBL terhadap kemampupan pemecahan masalah matematis peserta didik, 2) terdapat pengaruh motivasi belajar tinggi, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik setelah penerapan model pembelajaran, dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran SSCS dan PBL terhadap motivasi belajar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Keywords: Search Solve Create Share (SSCS) Learning Model, Problem Based Learning (PBL) Learning Model, Mathematical Problem Solving Ability, Learning Motivation This research is motivated by the low level of students' mathematical problem solving in solving problems of Pythagorean theorem material problem solving abilities. This study aims to determine how much influence the application of the Search Solve Create Share (SSCS) and Problem Based Learning (PBL) learning models has on mathematical problem solving abilities in terms of students' learning motivation. The type of research used is quasi-experimental research. The population is 71 students divided into 4 classes and the sample consists of 3 classes, namely experimental class I (19 students), experimental class II (20 students), and control class (18 students). The technique of taking samples using simple random sampling. The instruments used in this study were observation sheet, a learning motivation questionnaire, and a mathematical problem solving test. The data obtained in this study were analyzed using a two way ANOVA test. The results showed that: 1) there was an effect of the SSCS and PBL learning models on students' mathematical problem solving abilities, 2) there was an effect of high learning motivation, moderate learning motivation, and low learning motivation on students' mathematical problem solving abilities after applying the learning model, and 3) there is an interaction between the SSCS and PBL learning models on learning motivation in improving students' mathematical problem solving abilities.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS), Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Masturoh
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:26
Last Modified: 13 Jun 2024 12:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46050

Actions (login required)

View Item View Item