Triyanti, Triyanti (2023) Pengaruh Keterampilan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VII Dan VIII Di SMP Negeri 25 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
CamScanner 03-17-2023 11.09.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
14. SKRIPSI_TRIYANTI.pdf Download (815kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK 6.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
14. SKRIPSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
14. SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
14. SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
COVER_TRIYANTI-1.pdf Download (23kB) |
Abstract
Motivasi belajar adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu, adapun unsur yang mempengaruhi motivasi belajar adalah kondisi lingkungan siswa bisa dalam berbentuk kondisi alam, lingkungan tempat tinggal, pergaulan teman sebaya, serta kehidupan kemasyarakatan. Keterampialn sosial adalah kemampuan seseorang dalam beradaptasi secara baik dengan lingkungan dan menghindari konflik saat berkomunikasi baik secara verbal dan nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari keterampilan sosial terhadap motivasi belajar pada siswa di kelas. Agar penelitian ini tidak menyimpang dengan yang dimaksud maka dibatasi dalam motivasi belajar dilihat dari ketertarikan, perasaan senang, keterlibatan belajar anak, sedangkan untuk keterampilan sosial dibatasi dengan menjalin hubungan, menyatakan pendapat, dan kemampuan manajemen diri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 25 Kota Jambi sebanyak 373 siswa. Penarikan sampel di ambil sebanyak 101 orang Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Random Sampling dengan acuan Intrapolasi sebagai penentu persen. Alat dan Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, presentase, analisis regresi sederhana dan analisis data menggunakan regresi sederhana melalui SPSS. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa motivasi belajar pada siswa sebesar 73,2% yang mana termasuk dalam kategori baik, keterampilan sosial teman sebaya sebesar 87,1% yang mana termasuk dalam kategori baik. dan ditemukan pengaruh dari hasil analisis regresi sedrehana sebesar 0,012 < ditolak maka terdapat pengaruh antara penggunaan keterampilan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar pada siswa dengan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,625 termasuk kuat. Dengan demikian ini menandakan bahwa adanya pengaruh antara keterampilan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 25 Kota Jambi. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Keterampilan Sosia..
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Sosial, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | TRIYANTI |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 07:34 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |