FRANSISKA, NADIA (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_ NADIA FRANSISKA + LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
Abstract
Fransiska, Nadia. 2023. Efektivitas Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Asam Basa. Skripsi, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas jambi, Pembimbing : (I) Dr.Drs. Harizon, M,Si. (II) Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata kunci : Predict Observe Explain (POE), Kemampuan Argumentasi, Asam Basa. Pada saat ini pendidikan di Indonesia mengimplementasikan pembelajaran abad 21, yang mengharapkan guru sebagai tenaga pendidik mampu menciptakan suasana pembelajaran yang berbasis Student Center Learning (SCL). Untuk menciptakan suasana pembelajaran ini siswa dituntut untuk berkomunikasi secara aktif dalam merespon guru dan menyampaikan argumennya. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berargumentasi adalah model Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh penerapan model pembelajaran POE terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi asam basa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan bentuk penelitian eksperimen semu dengan jenis Pretest Posttest Nonequivalent Kontrol Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata dari kelas POE yaitu 82,06 dan di kelas inkuiri sebesar 75,41. Dengan diperoleh nilai uji N-gain pada kelas POE sebesar 0,78 dengan kategori efektif dan pada kelas Inkuir sebesar 0,64 dengan kategori cukup efektif. Hasil uji normalitas dari kelas yang menggunakan model POE dan Ikuiri data berdistribusi secara normal yang ditandai dengan Lhitung < Ltabel. Pelaksanaan model POE mempunyai pengaruh terhadap kemampuan argumentasi (dengan uji t-independen = 0,002 maka Ha diterima) pada materi asam basadi kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Jambi. Maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakaan model pembelajaran POE lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi pada materi asam basa di SMA Negeri 2 Kota Jambi, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model POE yaitu 82,06 dan kelas yang menggunakan model inkuiri sebesar 75,41 dengan uji t-independen 0,002 (0,002 < 0,05) terdapat pengaruh rata-rata kelas yang menggunakan model POE.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Predict Observe Explain (POE), Kemampuan Argumentasi, Asam Basa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fransiska |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:56 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |