Septiasari, kiki (2023) PENGARUH MEDIA PERMAINAN MAZE ALUR ANGKA TERHADAP BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MUHAJIRIN KEMANTAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Kiki Septia Sari_A1F118072_Jurnal.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KIKI SEPTIA SARI reseptory.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh media permainan maze alur angka terhadap berfikir simbolik anak usia 5-6 Tahun Di TK Almuhajirin Kemantan. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu beberapa masalah yang terjadi pada anak yaitu dimana kemampuan berpikir simbolik anak belum berkembang dengan baik. Permasalahan tersebut dapat dilihat ketika anak mengalami kesulitan dalam berhitung Hal ini dapat ditunjukkan dari 21 anak, ketika diminta untuk menyebutkan lambang bilangan dan menulis angka 1-20 secara urut hanya ada 2 anak yang mampu menyebutkan dan 2 anak yang mampu menuliskan, dari 21 anak. Sedangkan yang lainnya masih banyak yang belum mampu menyebutkan dan menulis secara benar dan urut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh media permainan maze alur angka terhadap berfikir simbolik anak usia 5-6 Tahun Di TK Almuhajirin Kemantan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif, model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain maze alur angka sangat berpengaruh besar terhadap kemampuan berfikir simbolik anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir simbolik anak dengan bermain maze alur angka di kelas eksperimen mengalami peningkatan. berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t hitung sebesar (14,637) > t tabel (2,228), yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan, dengan kriteria interpretasi cohen’s d 1,72 masuk dalam kategori kuat (Strong effect). Kemampuan berfikir simbolik anak dengan bermain maze alur angka di kelas kontrol mengalami peningkatan, berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t hitung sebesar (10,859) > t tabel (2,262), yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan, dengan kriteria interpretasi cohen’s d 3,15 masuk dalam kategori kuat (Strong effect).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: maze alur angka, berfikir simbolik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:41 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |