WIDI UDYA, CYNTIA (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB 1 CYNTIAA FIXX.pdf - Updated Version Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB V CYNTIAA FIXX.pdf - Published Version Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA _.pdf - Published Version Download (312kB) |
![]() |
Text
CYNTIA WIDI UDYA (A1C119011).pdf - Published Version Download (7MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK CYNTIA.pdf - Published Version Download (145kB) |
![]() |
Text
IMG-20230516-WA0000.pdf Download (36kB) |
Abstract
Multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline ini merupakan alternatif multimedia yang digunakan karena dari sekian banyak program authoring tools, articulate storyline merupakan Software Mix Programming Tools yang dapat membantu para pengembang multimedia pembelajaran dari tingkat pemula hingga tingkat expert. Program Articulate Storyline memiliki suatu kelebihan yaitu berupa smart brainware yang sederhana dengan prosedur tutorial interaktif melalui template yang dapat dipublish secara offline maupun secara online, sehingga memudahkan user memformatnya dalam bentuk web personal, CD, word processing, dan Learning Management System (LMS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline berbasis kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan laju reaksi, mengetahui hasil validasi ahli materi dan media, penilaian guru, dan respon peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development), menggunakan model pengembangan pengembangan Lee & Owens. Model pengembangan ini biasa disebut juga dengan suatu model pengembangan yang prosedural. Dikarenakan model pengembangan ini memiliki urutan tahapan pengembangan yang tersusun dengan sangat jelas. Model ini memiliki lima tahapan yang diadaptasi dari kerangka ADDIE , adapun tahapan dari kerangka ini adalah Analysis (Menganalisis), Design (Desain), Development (Mengembangkan), Implementation (Melaksanakan), dan Evaluation (Evaluasi). Produk hasil dari pengembangan ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai guru kimia yang selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang berupa komentar dan juga saran serta analisis data kuantitatif yang berupa skor jawaban dan juga presentase. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil validasi dari tim ahli materi dan ahli media, masing-masing dengan rerata skor penilaian sebesar 4,67 (sangat layak) dengan persentase 93,33% ; 4,72 (sangat layak) dengan persentase 94,44% serta dinyatakan telah baik dan layak untuk diujicobakan ke sekolah. Selanjutnya berdasarkan dari penilaian dan tanggapan dari guru, diperoleh rerata skor sebesar 4,8 (sangat layak) dengan persentase 96%. Dan mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 94,5% berdasarkan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Articulate Storyline berbasis kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan laju reaksi layak digunakan secara teoritis dan praktis sebagai salah satu multimedia pembelajaran interaktif dan membantu peserta didik dalam pemahaman konsep secara mandiri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Kontekstual, Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Udya |
Date Deposited: | 16 May 2023 04:07 |
Last Modified: | 16 May 2023 04:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |