PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Permatasari, Dhea (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
Skripsi Dhea Permatasari (A1D119103).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (189kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Permatasari, Dhea. 2023. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Destrinelli, M.Pd, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : model project based learning, keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan latar belakang dari penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada muatan IPA di kelas IV B SDN 64/I Muara Bulian masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Kenyataan tersebut didapatkan dari hasil observasi pra siklus peneliti menemukan masalah dalam proses pembelajaran yaitu peserta didik yang jarang memberikan pertanyaan sesuai topik yang dibahas selama proses pembelajaran. Selain itu, ide dan solusi yang peserta didik miliki untuk menyelesaikan suatu masalah masih kurang tepat karena peserta didik terbiasa untuk menunggu informasi dari pendidik. Selanjutnya, masih ditemukan peserta didik yang kesulitan dalam menyampaikan pendapatnya atau bahkan malu menyampaikan pendapatnya terlebih didepan umum. Kemudian, tingkat imajinatif dan ide yang orisinal dari peserta didik juga belum terlihat. Hal ini dikarenakan minimnya fasilitas untuk mengembangkan tingkat kreativitas peserta didik dan model pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik. Sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif karena peserta didik kehilangan fokus dan semangat saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penelitiaan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan melakukan wawancara, observasi melalui lembar observasi keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik, lembar aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model project based learning dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model project based learning dalam pembelajaran IPAS kelas IV mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklus I tingkat kemampuan berpikir kreatif terjadi sebesar 44,44%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 43%, sehingga nilai persentasenya ialah 87,50%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif yang dilihat dari peningkatan yang telah mencapai lebih dari 75% atau sebanyak 21 peserta didik mampu memenuhi indikator keberhasilan peneliti.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Permatasari
Date Deposited: 03 May 2023 04:57
Last Modified: 03 May 2023 04:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47526

Actions (login required)

View Item View Item