Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Tipe Number Head Together (NHT) Dan Korelasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga

Salsabilla, Adella (2023) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Tipe Number Head Together (NHT) Dan Korelasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
SKRIPSI_ADELLA fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: https://repostory.unja.ac.id/

Abstract

Salsabilla,S.P.,2023. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi I: Dr. Drs. Harizon, M.Si., Pembimbing Skripsi II: Aulia Sanova, S.T., M.Pd Kata Kunci :Number Head Together(NHT), Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga. Kemampuan berpikir kritis adalah proses berpikir dengan menggabungkan kemampuan intelektual dan kemampuan berpikir untuk menganalisis dan memecahkan masalah sehingga pada akhirnya dapat menarik kesimpulan dari suatu permasalahan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu model NHT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran NHT dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran NHT oleh guru dan siswa, Lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan soal tes esai kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan selanjutnya untuk melihat seberapa besar kontribusi dilakukan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran NHT oleh siswa diperoleh persentase 60,65% dalam katagori baik. Hal ini sejalan positif dengan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh persentase 68,19% dalam kategori baik, dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh persentase 74,39%. Hubungan pelaksanaan model pembelajaran NHT dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh hubungan yang kuat dengan rxy = 0,775. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 60% dengan kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pelaksanaan model pembelajaran NHT dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Larutan Penyangga di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 11 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: korelasi antara pelaksanaan model pembelajaran NHT dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Larutan Penyangga di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 11 Kota Jambi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Salsabilla
Date Deposited: 09 May 2023 04:02
Last Modified: 09 May 2023 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48196

Actions (login required)

View Item View Item