PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB DI KELAS V MIN 4 SAROLANGUN

Arsita, Elsa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB DI KELAS V MIN 4 SAROLANGUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (424kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL BAB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa resmi PBB. Bangsa non-Arab telah melakukan pembelajaran bahasa Arab karena urgensi bahasa Arab bagi masyarakat dunia saat ini cukup tinggi baik bagi masyarakat muslim maupun non-muslim. Dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab di MIN 4 Sarolangun, siswa sulit memahami bahasa dan untuk apa kegunaannya, ditambah dengan lingkungan yang tidak pernah menggunakan bahasa Arab sehingga siswa sangat asing dalam memahami kalimat bahasa Arab. Kesulitan yang dialami dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas V MIN 4 Sarolangun yaitu beberapa siswa masih belum bisa mengaji al-Qur’an dengan lancar sehingga sulit dalam memahami tulisan Arab, siswa masih belum memahami maharah qira’ah bahasa Arab, serta siswa sangat sulit menghafal dan menguasai mufradat bahasa Arab. Berdasarkan uraian diatas, terutama dalam kurangnya penguasaan mufrodat siswa peneliti berusaha untuk meningkatkan penguasaan mufrodat dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik dan bervariasi salah satunya dengan model kooperatif tipe make a match dan diangkatlah judul penelitian: “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Di Kelas V MIN 4 Sarolangun”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan peguasaan mufrodat bahasa Arab di kelas V MIN 4 Sarolangun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan lembar tes kepada siswa dan ditunjang dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan di kelas. Setelah tes dilakukan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa. Hasil persentase pada siklus I, siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 37.9% dengan kriteria kurang meningkat. Kemudian dilanjutkan siklus II, mengalami peningkatan sebanyak 83.3% dengan kriteria sangat meningkat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa. Kata kunci : penerapan, make a match, meningkatkan, mufrodat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penerapan, make a match, meningkatkan, mufrodat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Arsita
Date Deposited: 17 May 2023 02:58
Last Modified: 17 May 2023 02:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48786

Actions (login required)

View Item View Item