JULIANTY, ELLA PUTRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 198/I PASAR BARU. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Ella Putri Julianty A1D119038.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 198/I Pasar Baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan keaktifan belajar peserta didik dan observasi guru menerapkan model pembelajaran quantum teaching, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran IPAS terlihat dari hasil observasi pada siklus I pertemuan kedua keaktifan belajar peserta didik 56,92% dengan kategori cukup (C). Meningkat pada siklus II pertemuan kedua menjadi 85,76% kategori sangat baik (A). Pada siklus II telah tercapai kriteria ketuntasan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti diperoleh sebesar 85,76%. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS peserta didik kelas IV SDN 198/I Pasar Baru mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran quantum teaching. Hal ini dibuktikan pada pertemuan terakhir pada siklus I persentase keaktifan belajar peserta didik yaitu 56,92%, kemudian pada pertemuan terakhir pada siklus II persentase kekatifan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 85,76% dari jumlah peserta didik sebanyak 13 orang. Maka tindakan yang diberikan melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran Quantum Teaching
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Julianty |
Date Deposited: | 26 May 2023 02:41 |
Last Modified: | 26 May 2023 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |