Andre Ferdinan, Roy (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK KELAS VI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_ROY ANDRE FERDINAN_NIM A1D119040_PGSD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER_SKRIPSI_ROY ANDRE FERDINAN_NIM A1D119040_PGSD.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN-DAFTAR LAMPIRAN_SKRIPSI_ROY ANDRE FERDINAN_NIM A1D119040_PGSD.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
BAB I_SKRIPSI_ROY ANDRE FERDINAN_NIM A1D119040_PGSD.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB V_SKRIPSI_ROY ANDRE FERDINAN_NIM A1D119040_PGSD.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_ROY ANDRE FERDINAN_NIM A1D119040_PGSD.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_SKRIPSI_ROY ANDRE FERDINAN_NIM A1D119040_PGSD.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengeksplorasi kandungan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik kelas VI kurikulum 2013 revisi 2018 semester ganjil dan genap. Metode penelitian dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan berupa penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan peneliti adalah menggunakan studi dokumen yaitu dengan cara pengumpulan data dengan menganalisis dokumen untuk mendapatkan data atau infomasi dengan hubungan masalah yang diteliti. Penelitian ini akan difokuskan pada analisis muatan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam buku tematik kurikulum 2013 kelas VI sekolah dasar semester ganjil dan genap dari buku siswa dengan melihatkan kesesuaian pembentukan karakter pada buku teks tersebut. Hasil penelitian berupa analisis buku tematik siswa kelas 6 edisi revisi 2018 terkait nilai-nilai karakter yang muncul pada tema 1-5 semester ganjil berjumlah 16 karakter antara lain: karakter religius, jujur, tanggung jawab, toleransi, disiplin, kerja keras, keatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, dan gemar membaca. Karakter yang sering muncul adalah karakter kreatif, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, semangat kebangsaan, demokrasi, dan cinta tanah air. Karakter yang tidak muncul pada buku tema 1-4 adalah karakter menghargai prestasi dan peduli sosial. Kemudian nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku tema 6-9 semester genap berjumlah 17 karakter antara lain: karakter religius, jujur, tanggung jawab, toleransi, disiplin, kerja keras, keatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, menghargai prestasi, dan gemar membaca. Karakter yang sering muncul adalah karakter kreatif, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, disiplin, demokratis, dan semangat kebangsaan. Karakter yang tidak muncul pada buku tema 5-9 adalah karakter peduli sosial. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakter yang terkandung pada buku tematik kelas VI kurikulum 2013 sebagian besar sudah tertuang pada konten materi, soal, dan tugas, walaupun terdapat karakter yang belum tersaji dengan optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Karakter, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FERDINAN |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:14 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |