Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Di SMP

Nababan, Dame Novelita (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Di SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
A1C219027_Skirpsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Cover Dame.pdf

Download (29kB)

Abstract

Kata kunci: LKPD, Project Based Learning, Motivasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika di SMP dan untuk mendeskripsikan kualitas LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika di SMP berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu meliputi tahap Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli, guru matematika dan siswa kelas VIII C SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika di SMP pada materi bangun ruang sisi datar yang kualitasnya dinilai berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari angket validasi materi, angket validasi desain, angket respon guru, angket respon siswa, angket motivasi belajar, dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) persentase kevalidan LKPD dari ahli materi adalah 80% yang termasuk ke dalam kategori valid dan persentase kevalidan LKPD dari ahli desain adalah 80 % yang termasuk ke dalam kategori valid, (2) persentase kepraktisan LKPD dari angket respon guru adalah 91,25% yang termasuk ke dalam kategori sangat parktis dan persentase kepraktisan LKPD dari angket respon siswa adalah 86,44% yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis, (3) persentase kefektifan LKPD dari angket motivasi belajar siswa adalah 83,87% yang termasuk ke dalam kategori sangat efektif dan dari hasil wawancara dengan 3 orang siswa yang memiliki kemampuan berbeda (tinggi, sedang, dan rendah) LKPD berbasis Project Based Learning mendapatkan respon yang baik dari peserta didik tersebut.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NABABAN
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:53
Last Modified: 05 Jun 2023 01:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49376

Actions (login required)

View Item View Item