Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Soft Skill Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kelas XI Akuntansi Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Di Smk Negeri 1 Bayung Lencir

Sari, Dewi Puspita (2023) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Soft Skill Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kelas XI Akuntansi Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Di Smk Negeri 1 Bayung Lencir. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
SKRIPSI DEW!.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru komputer akuntansi yang memiliki soft skill yang kurang baik dan keterbatasan peralatan praktek atau fasilitas pendidikan yang belum memadai sehingga proses pembelajaran belum dapat dikatakan efektif dan suasana belajar menjadi kurang nyaman serta tidak kondusif, hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu Kompetensi Soft Skill Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Kelas XI Akuntansi Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Di SMK Negeri 1 Bayung Lencir. Data-data penelitian ini didapat dari siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 1 Bayung Lencir. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan menyebarkan angket melalui Google Form. Setelah angket dibagikan, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan applikasi MS. Excel dan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi soft skill guru dan fasilitas belajar sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa khususnya siswa kelas XI Akuntansi yang mana faktor yang mempengaruhinya yaitu kompetensi soft skill guru dan fasilitas belajar siswa yang bersifat positif akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan analisis menggunakan uji F yang mana nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 16,212 > 3,1 dan nilai sig lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,00 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel bebas yaitu kompetensi soft skill guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpegaruh secara signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa dengan kontribusi nilai R2 yaitu sebesar 55,8%. Hal ini berarti secara bersama-sama variabel kompetensi soft skill guru dan fasilitas belajar mampu memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian ini disarankan agar siswa mampu meningkatkan kemampuan belajarnya, sehingga hasil dan tujuan belajar dapat tercapai. Diharapkan guru dapat meningkatkan soft skill yang dimilikinya dan penyediaan fasilitas belajar yang baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Soft Skill Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Sari
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:14
Last Modified: 14 Jun 2023 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50051

Actions (login required)

View Item View Item