Sheptiana Asdah, Fhitria (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FHITRIA SHEPTIANA ASDAH_A1D119086.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
Abstract
ABSTRAK Asdah, Fhitria Sheptiana 2022/2023. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. (II) Desy Rosmalinda, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi belajar siswa, dan faktor eksternal yang menjadi penyebab kesulitan belajar kelas VI Sekolah Dasar. Dengan rumusan masalah: Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI dan apa saja faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa kelas VI. Yang mana pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara serta observasi secara mendalam dari sumber data yaitu guru kelas kelas VI C SDN 34/I Teratai. Berdasarkan latar belakang dari penelitian ini didapat bahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Kenyataan tersebut didapatkan dari hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan. Salah satu faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar adalah faktor eksternal. Faktor eksternal kesulitan belajar siswa seperti dari lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Kesulitan belajar siswa yang berasal dari lingkungan keluarga seperti faktor ekonomi dan faktor anak yang kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang. dari faktor sekolah seperti cara guru mengajar suasan dan kondisi kelas yang kurang nyaman dan kondusif. Untuk mengatasi kesulitan tersebut perlu adanya upaya dari guru, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan mengubah cara belajar menjadi menyenangkan dan bekerja sama dengan orang tua untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, namun sebelum melakukan upaya untuk mengtasi kesulitan belajar siswa itu guru harus mengetahui terlebih dahulu masalah yang membuat siswa mengalami kesulitan belajar dengan melakukan identifikasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung untuk mengetahui apakah siswa mengalami kesulitan belajar, kemudian melakukan diagnosis yaitu untuk mengumpulkan data tentang jenis masalah yang siswa alami, lalu melakukan prognosis atau membuat rencana, dimana guru merencanakan langkah-langkah untuk memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar, dan terakhir guru memberikan bantuan kepada siswa sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa kesulitan belajar siswa dapat diatasi dengan upaya-upaya yang guru lakukan dan orang tua harus membantu guru untuk mengawasi dan mengajarkan anak-anak di rumah. Jika bantuan telah diberikan dan siswa masih mengalami kesulitan belajar maka guru perlu mencari faktor penyebab kegagalan dan membuat perencanaan baru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOALH DASAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ASDAH |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:29 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |