Silaban, Elisabet. J (2023) Efektivitas Penerapan Model PBL Berbantuan Media E-Komik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA Di SMA N 2 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Elisabet J. Silaban, 2023. Efektivitas Penerapan Model PBL Berbantuan Media E-Komik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA Di SMA N 2 Muaro Jambi. Skripsi, Jambi : Program studi Pendidikan Kimia. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi I : Drs. Affan, M.E., Pembimbing II : Dr. Dra. Zurweni, M.,Si. Kata Kunci : Bantuan Media E-Komik, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga. Berpikir kritis merupakan sebuah proses yang terarah dan jelas yang digunakan dalam kegiatan mental yang mencakup kemampuan seperti merumuskan masalah, memberikan argumen dan mengambil keputusan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model PBL yang mana siswa dihadapkan pada sutau masalah yang memacunya untuk meneliti, menguraikan, dan mencari penyelesaiannya. E-Komik adalah media pembelajaran yang diterapkan pada siswa untuk membantu proses pembelajaran. Untuk mengukur kemampuan ini dilakukan efektivitas penerapan model PBL berbantuan media e-komik terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi larutan penyangga di SMA N 2 Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PBL berbantuan media E-komik efektif pada materi larutan penyangga di SMA N 2 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan (mix methode) dengan jenis Desain Triangulasi Konkruen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes essay, lembar observasi penerapan model PBL untuk guru dan siswa. Teknik analisa data kualitatif mendeskripsikan secara naratif bagaimana guru menerapkan model pembelajaran dan teknik analisa kuantitatif menggunakan uji efektivitas dan uji-t. Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media e-komik terhadap kemampuan berpikir kritis dikategorikan baik. Efektivitas penerapan model PBL berbantuan media E-komik terhadap kemampuan berpikir kritis dikategorikan sedang dengan hasil uji efektivitas diadapatkan sebesar 0,563. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t dan diperoleh thitung<ttabel (0,00 < 1,67). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media E-Komik berjalan dengan baik dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA SMA N 2 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bantuan Media E-Komik, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SILABAN |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 08:27 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 08:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |