Yovita Sari, Chika Orsalia (2023) Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Muatan IPS di SD Negeri 134/I Merbau. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ChikaOrsaliaYovitaSari_A1D119014_SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (117kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Chika Orsalia Yovita. 2023. Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Muatan IPS Kelas V SDN 134/I Merbau. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan,S.Pd., M.Si., (II) Indra Gunawan S.Sn., M.Sn Kata Kunci: Kemampuan Kolaborasi Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kolaborasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Cooperative Script pada muatan IPS di kelas V SDN 134/I Merbau. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa kemampuan kolaborasi belajar peserta didik pada muatan IPS di kelas V SDN 134/I Merbau masih rendah, dengan hasil observasi kemampuan kolaborasi belajar peserta didik sebesar 39,77%. Peserta didik merasa bosan saat pembelajaran berlangsung serta model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang efektif berdampak pada materi yang dipelajari tidak tersampaikan dengan baik pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data wawancara, observasi melalui lembar observasi pengamatan kemampuan kolaborasi belajar peserta didik dan observasi guru menerapkan model pembelajaran Cooperative Script, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan kolaborasi belajar peserta didik terlihat dari hasil observasi pada siklus I kemampuan kolaborasi belajar peserta didik 54,54%. Meningkat pada siklus II menjadi 78,97% . berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan kemampuan kolaborasi belajar peserta didik pada muatan IPS di kelas V SDN 134/I Merbau dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kolaborasi Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 06:37 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |