Azzahra, Shintya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Terintegrasi Pendekatan STEM pada Materi Dinamika dan Keseimbangan Benda Tegar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT_A1C319026_Shintya Azzahra.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER..pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kemajuan teknologi media di bidang pendidikan, yang memerlukan media berbasis teknologi untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran seperti hasil belajar siswa untuk mata pelajaran fisika yang menurun, pembelajaran yang membosankan, serta kurangnya media dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran fisika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis website terintegrasi pendekatan STEM pada materi dinamika dan keseimbangan benda tegar. Penelitian ini dilakukan di SMA Insan Madani Boarding School Jambi pada April 2023. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu: (a) fase analisis kebutuhan, (b) fase desain, (c) fase pengembangan dan implementasi, serta pada setiap fase dilakukan evaluasi dan revisi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Setelah produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Setelah produk dinyatakan valid, selanjutnya akan dilakukan uji coba kepada responden dalam bentuk kelompok kecil. Data hasil validasi dan respon siswa akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah produk diuji validasi oleh ahli didapatkan hasil yaitu valid secara materi dengan persentase rata-rata sebesar 96,87% dan valid secara media dengan persentase rata-rata sebesar 91,67%, dan dikategorikan sangat layak. Hasil uji coba kepada responden dalam kelompok kecil didapatkan persentase rata-rata sebesar 85,74%, dan dikategorikan sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk telah layak dan siap digunakan untuk digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi dinamika dan keseimbangan benda tegar. Dari hasil penelitian ini disarankan agar penelitian selanjutnya dapat memodifikasi dan mengoptimalkan penelitian ini, serta melakukan implementasi secara berkala untuk mendapatkan evaluasi yang optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, website, STEM, dinamika dan keseimbangan benda tegar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Azzahra |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 04:18 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 04:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |