Qomsiatun, Qomsiatun (2023) Penerapan Model Pembelajaran berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Poster Siswa Kelas VIII 1 SMP Islam Al Falah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
SKIRPSI QOMSIATUN-A1B119028.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Lembar persetujuan dan pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (301kB) |
Abstract
Qomsiatun, 2022. Penerapan Model Pembelajaran berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMP Islam Al Falah Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd Kata kunci: Keterampilan Menulis; Poster; Model Pembelajaran berbasis Proyek Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil pembelajaran menulis poster siswa kelas VIII SMP Islam Al Falah Kota Jambi. Penelitil menggunakan metode penelitian bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reasearch (CAR). PTK merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Mekanisme pelaksanaannya dengan dua siklus. Setiap siklus masing-masing dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu tahap (1) perencanaan, (2) tindakan dan pelaksanaan, (3) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu upaya memperbaiki praktik pembelajaran agar lebih bermanfaat. Dengan demikian, guru dapat mengetahui secara jelas masalah-masalah yang ada di kelas dan cara mengatasi masalah tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, dan tugas menulis poster. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 1 SMP Islam Al Falah Kota Jambi dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 13 siswa laki�laki. Variabel dalam penelitian adalah proses belajar dan hasil unjuk kerja menulis poster dengan mengggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan berdasarkan instrumen penilaian menulis poster. Hasil penelitian secara perubahan tingkah laku siswa dapat dibuktikan dengan lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil data lembar observasi siswa pada siklus I masih terdapat aktivitas siswa yang terlibat pasif dan tidak terlibat saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II aktivitas siswa yang terlibat pasif dan tidak terlibat saat pembelajaran berlangsung berkurang dan dan aktivitas siswa yang terlibat aktif bertambah. Hasil dari penelitian ini rata-rata pada pra tindakan mencapai kurang dari batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 75. Nilai rata-rata pra tindakan 72,1, siklus I mencapai 77,5. Pada siklus II meningkat mencapai 80,9 dan telah mencapai batas ketuntasan yang telah ditentukan. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan pengamatan proses dan hasil produk pembelajaran menulis poster menunjukkan peningkatan yang signifikan. Qomsiatun, 2022. Application of Project-based Learning Models for Improving Poster Writing Skills for Class VIII Students of Al Falah Islamic Middle School Jambi City: Thesis, Indonesian Language and Literature Education Study Program, Department of Language and Literature Education, FKIP, Jambi University. Advisor (1) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd. Advisor (II) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd Keywords: Writing Skills; Poster; Project-based Learning Model This study aims to describe the application of the model project-based learning to improve process and outcome skills learning to write posters for class VIII students of Al Falah Islamic Middle School, Jambi City. Researchers use research methods in the form of Classroom Action Research (PTK) or Classroom Action Research (CAR). PTK is a type of research done to solve learning problems in class. Mechanism implementation in two cycles. Each cycle each carried out with three stages, namely (1) planning, (2) action and implementation, (3) reflection. This classroom action research is one of the efforts to improve learning practice to make it more useful. Thus, the teacher can know clearly the problems that exist in the class and how to overcome them the problem. Data collection techniques in this study were carried out by using observation instruments, interviews, documentation, and writing assignments poster. The research subjects were students of class VIII 1 at Al Falah Islamic Middle School, Jambi City with a total of 28 students consisting of 15 female students and 13 male students. The variables in the research are the learning process and the results of writing performance posters using a project-based learning model with based on the poster writing assessment instrument. The results of research on changes in student behavior can be proven with student activity observation sheets and photo documentation. Based on the results student observation sheet data in the first cycle there are still student activities passively involved and not involved when learning takes place. In cycle II activities of students who are passively involved and not involved during learning takes place decreased and and the activities of students who were actively involved increased. The results of this study on average at pre-action reached less than minimum completeness criteria limit (KKM) set, namely 75. Average value pre-action 72.1, cycle I reached 77.5. In cycle II it increased to 80.9 and has reached the limit of completeness that has been determined. It was concluded that application of project-based learning models with process and observation the results of learning products to write posters showed an increase significant
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis; Poster; Model Pembelajaran berbasis Proyek |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Qomsiatun |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:51 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |