PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN SEDERAJAT SE-KECAMATAN SUNGAI GELAM PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Pratama, Wahyu Adi (2023) PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN SEDERAJAT SE-KECAMATAN SUNGAI GELAM PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
Full Skripsi Wahyu Adi Pratama..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu belum dilakukan pengukuran dan analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam pada materi momentum dan impuls. Hal ini diperlukan karena keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis yang menjadi tuntutan pada kurikulum 13 serta penting dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret tahun 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Desain penelitian yang digunakan yaitu kausal asosiatif untuk melihat hubungan sebab akibat antar dua variabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data keterampilan proses sains peserta didik menggunakan instrumen berupa lembar observasi. pengambilan data kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan instrumen berupa soal esai. Kemudian dilakukan analisis data uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan bantuan software SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam pada materi momentum dan impuls, dengan persentase kontribusi pengaruh pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 34.9% sedangkan 65.1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak diteliti. Kemudian persamaan regresinya yaitu Y = 0.047 + 0.687X yang berarti setiap ada penambahan nilai X sebesar 1 maka nilai Y juga bertambah sebesar 0.687. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam pada materi momentum dan impuls.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pratama
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:37
Last Modified: 06 Jul 2023 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51755

Actions (login required)

View Item View Item