Sofiyana, Esti Irantika (2023) Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 FKIP Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu persepsi tentang profesi guru dan pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 FKIP Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 sebanyak 99 orang dan diambel sampel sebanyak 80 orang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metofe ex post facto. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 melalui Google Form. Teknik analisa data yang digunkan adalah analisis regresi berganda. Setelah angket dibagikan, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi MS. Excel dan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang profesi guru dan pengenalan lapangan persekolahan mempengaruhi minat menjadi guru ekonomi. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan analisis menggunakan uji F yang mana nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 13,964 > 3,96 dan nilai sig lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,00 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel bebas yaitu motivasi mengajar dan soft skill secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat yaitu minat mahasiswa dengan kontribusi nilai R² yaitu sebesar 26,6%. Hal ini berarti secara bersama-sama variabel persepsi tentang profesi guru dan pengenalan lapangan persekolahan mampu memberikan kontribusi terhadap minat menjadi guru. Dari hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa yang setelah menyelesaikan pendidikan sarjana dan ingin melanjutkan pada bidang tenaga pengajar, diharapkan untuk meningkatkan kualitas pada kesiapan mengajar agar pendidikan di Indonesia semakin baik, karena pendidikan di Indonesia masih dalam kategori kurang baik dan untuk meningkatkannya tersebut bisa melalui tenaga pengajarnya yang memiliki kualitas yang baik. This study aims to describe the effect of each variable, namely perceptions about the teaching profession and introduction to the school field on the interest in becoming a teacher in Economics Education students Batch 2019 FKIP University of Jambi. The population in this study were 99 students of Economics Education Class of 2019 and 80 people were taken as a sample. This research is a research with a quantitative approach with ex post facto method. Research data was obtained by distributing questionnaires to 2019 Economics Education students via the Google Form. The data analysis technique used is multiple regression analysis. After the questionnaires were distributed, the data were analyzed quantitatively using the MS application. Excel and SPSS 21.0. The results showed that perceptions about the teaching profession and introduction to the school field influenced the interest in becoming an economics teacher. This can be shown by calculating the analysis using the F test where the Fcount value is greater than Ftable, namely 13.964 > 3.96 and the sig value is greater than the probability value of 0.05 or 0.00 <0.05. This means that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the independent variables, namely teaching motivation and soft skills, together have a significant effect on the dependent variable, namely student interest with a contribution of R² value of 26.6%. This means that together the perception variables about the teaching profession and school field introduction are able to contribute to the interest in becoming a teacher. From the results of this study it is suggested that students who have completed their undergraduate education and wish to continue in the field of teaching staff are expected to improve the quality of teaching readiness so that education in Indonesia is getting better, because education in Indonesia is still in the poor category and to improve it can be through staff. teachers who have good quality.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Tentang Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat Menjadi Guru Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Sofiyana |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:32 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |