Anggraini, Suci (2023) Hubungan Karakteristik Pasien dan Lama Waktu Tunggu dengan Kepuasan Pasien Poliklinik Umum di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (266kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang : Menunggu dalam waktu yang lama menyebabkan ketidakpuasan terhadap pasien dengan mengetahui karekteristik responden yang meliputi jenis kelamin, tingkat usia, pekerjaan dan tingkat pendidikan, di Poliklinik Umum Puskesmas Lubuk Buaya. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan karakteristik pasien dan lama waktu tunggu dengan kepuasan pasien di Poliklinik Umum puskesmas Lubuk Buaya. Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan studi Cross-sectional yang dilakukan di Puskesmas Lubuk Buaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan menggunakan rumus lameshow sebanyak 90 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner, Uji statistik yang digunakan adalah uji Korelasi. Hasil Penelitian : Pada penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan distribusi responden terbanyak dewasa sebanyak (80%) dan berjenis kelamin perempuan (58,8%), pendidikan tinggi sebanyak (82,2%), responden kategori bekerja sebanyak (72,2%). Hubungan waktu tunggu dengan kepuasan diperoleh hasil hubungan kuat (r=0,623) dan berpola negatif artinya semakin bertambah lama waktu tunggu semakin kecil kepuasan pasien. Hasil uji statistik didapatkan ada hubungan yang signifikan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien (p=0,000). Kesimpulan Saran : Adanya hubungan antara waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien). Oleh karena itu pihak Rumah sakit sebaiknya menyediakan fasilitas yang nyaman dan memadai diruang tunggu pasien untuk menghindari pasien merasa jenuh, dan membuat SOP tentang waktu tunggu mulai dari loket pendaftaran sampai mendapatkan pelayanan di Poliklinik yang dituju. Kata Kunci : Karakteristik, Kepuasan, Waktu Tunggu, Pelayanan ABSTRACT Background :Waiting for a long time causes dissatisfaction with patients by knowing the characteristics of respondents which include gender, age level, occupation and level of education, at the Lubuk Buaya Public Health Center Polyclinic. The purpose of this study was to see the relationship between patient characteristics and waiting time with patient satisfaction at the Lubuk Buaya Health Center General Polyclinic. Method :This study uses an analytic descriptive design with a study approachCross-sectional conducted at the Lubuk Buaya Health Center. The sampling technique used accidental sampling using the lambeshow formula as many as 90 respondents. The research instrument was a questionnaire. The statistical test used was the correlation test. Research result : In this study, the results showed that the highest distribution of respondents was adult (80%) and female (58.8%), tertiary education (82.2%), respondents in the working category (72.2%). The relationship between waiting time and satisfaction shows a strong relationship (r=0.623) and has a negative pattern, meaning that the longer the waiting time, the lower the patient satisfaction. The statistical test results showed that there was a significant relationship between waiting time and patient satisfaction (p=0.000). Conclusion Suggestions:There is a relationship between waiting time and the level of patient satisfaction). Therefore the hospital should provide comfortable and adequate facilities in the patient waiting room to avoid patients feeling bored, and make SOPs regarding waiting time starting from the registration counter to getting service at the intended Polyclinic. Keywords : Characteristics, Satisfaction, Waiting Time, Service
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Characteristics, Satisfaction, Waiting Time, Service |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | anggraini |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |