PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI DI KABUPATEN SAROLANGUN

SAKDIAH, NUR (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI DI KABUPATEN SAROLANGUN. S2 thesis, Pendidikan Ekonomi.

[img] Text
FULL TESIS NURSAKDIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER NURSAKDIAH.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Lembar persetujuan dan pengesahan nursakdiah.pdf

Download (617kB)
[img] Text
5. ABSTRAK - OKE (2).pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I - OKE (2).pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB V - OKE (2).pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - OKE (3).pdf

Download (385kB)

Abstract

Nursakdiah. 2023. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Sarolangun. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt., BA., M.Si., Pembimbing (II) Dr. Siti Syuhada, M.Pd. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Efikasi Diri, Kejenuhan Belajar, dan Motivasi Belajar. Pada saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berkembang dengan pesat serta memberikan pengaruh yang kuat pada sendi-sendi kehidupan manusia. Salah satu bidang ilmu yang memiliki banyak peranan penting didalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah cabang ilmu akuntansi. Pengetahuan tentang akuntansi sangat diperlukan dalam dunia usaha sebagai alat bantu guna dapat menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapinya. Hal ini disebabkan oleh akuntansi dapat membantu didalam pengaturan keuangan suatu usaha. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung: 1) lingkungan sekolah terhadap kejenuhan belajar siswa; 2) efikasi diri terhadap kejenuhan belajar siswa; 3) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa; 4) efikasi terhadap motivasi belajar siswa; 5) kejenuhan belajar terhadap motivasi belajar siswa; 6) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar melalui kejenuhan belajar; dan 6) efikasi diri terhadap motivasi belajar melalui kejenuhan belajar. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelas (eksplanatory research) yaitu suatu penelitian yang menjelaskan masing-masing variable melalui pengujian hipotesis. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur dengan menggunakan alat SPSS 22.0. for windows. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI pada SMK Negeri di Kabupaten Sarolangun yang berjumlah 108 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) lingkungan sekolah berpengaruh negative secara langsung terhadap kejenuhan belajar siswa; 2) efikasi diri berpengaruh negative secara langsung terhadap kejenuhan belajar siswa; 3) lingkungan sekolah berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar siswa; 4) efikasi diri berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar siswa; 5) kejenuhan belajar berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar siswa; 6) lingkungan sekolah melalui kejenuhan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; dan 7) efikasi diri melalui kejenuhan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: NURSAKDIAH
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:56
Last Modified: 11 Jul 2023 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52389

Actions (login required)

View Item View Item