Surya Aulia, Esa (2023) Hubungan Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Keperawatan FKIK Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kenyamanan akses yang diberikan smartphone mampu membuat seseorang menjadi ketergantungan dalam penggunaannya. Sikap ini bisa menimbulkan perasaan nomophobia. Salah satu dampak nomophobia adalah akan mengalami prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan nomophobia dengan prokrastinasi akademik. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasional dengan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan instrumen penelitian berupa kuesioner berupa Nomophobia Questionnaire (NMP-Q) dan Procrastionation Academic Scale (PAS). Analisa data menggunakan uji statistik Kendall tau. Hasil: Hasil uji correlation kendall tau diperoleh p-value 0,001 < 0,05 dengan nilai keofisien korelasi 0,349 menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara nomophobia dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi Keperawatan FKIK Universitas Jambi. Kesimpulan: Penggunaan smartphone yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat menimbulkan perasaan nomophobia yang bisa menyebabkan masalah akademik salah satunya yaitu mahasiswa cenderung menunda-nunda tugas atau waktu untuk belajar. Disarakan kepada mahasiswa agar belajar dan mampu mengontrol diri dalam penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Nomophobia, Prokrastinasi Akademik, Smartphone Background: The convenience of access provided by smartphones can make a person become dependent on their use. This attitude can lead to feelings of nomophobia. One of the impacts of nomophobia is to experience academic procrastination. The purpose of this study is to see the relationship between nomophobia and academic procrastination. Methods: This study is a quantitative study that used correlational method with cross-sectional design. The sampling technique used probability sampling method with simple random sampling technique with research instruments in the form of questionnaires in the form of Nomophobia Questionnaire (NMP-Q) and Academic Procrastination Scale (PAS). Data analysis using Kendall tau statistical test. Results: The results of the Kendall tau correlation tests obtained a p-value of 0.001 <0.05 with a correlation coefficient value of 0.349 indicated that there was a significant relationship between nomophobia and academic procrastination in Jambi University FKIK Nursing study program students. Conclusions: Excessive and uncontrolled use of smartphones can lead to feelings of nomophobia which can cause academic problems, one of which is that students tend to procrastinate tasks or time to study. It is recommended for students to learn and be able to control themselves in using smartphones in their daily activities. Keywords: Academic Prorastination, Nomophobia, Smartphone
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nomophobia, Prokrastinasi akademik, Smartphone |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Aulia |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:07 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |