Pengembangan Buku Panduan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menstimulasi Keterampilan 4C Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Jambi Luar Kota

Wilda, Fitria (2023) Pengembangan Buku Panduan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menstimulasi Keterampilan 4C Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Jambi Luar Kota. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FITRIA WILDA - fix-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (404kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Wilda, Fitria. 2023. Pengembangan Buku Panduan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menstimulasi Keterampilan 4C pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Jambi Luar Kota: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si., (2) Rizki Surya Amanda, M.Pd. Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Keterampilan 4C Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara peneliti di lapangan berupa guru belum dapat memakai atau menerapkan model Project Based Learning tersebut dalam proses pembelajaran di kelas. Dikarenakan kesulitan dalam hal buku panduan PjBL yang belum ada ditemukan khusus untuk langkah-langkah model pembelajaran PjBL dalam menstimulasi keterampilan 4C tersebut di PAUD. keterampilan 4C pada anak usia dini dominan masih banyak yang belum distimulasi. Keterampilan 4C pada anak usia dini dapat dikembangkan dan dilatih dengan memilih serta menerapkan model pembelajaran yang tepat, agar tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai dengan optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam menstimulasi keterampilan 4C pada anak usia dini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model Project Based Learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada anak dengan metode tugas proyek secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan model Project Based Learning (PjBL) dalam menstimulasi keterampilan 4C anak usia 5-6 tahun, mengetahui kelayakan produk buku panduan, mengetahui respon guru TK di Kecamatan Jambi Luar Kota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan menerapkan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, angket terbuka dan angket tertutup. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Uji kelayakan produk dari validasi ahli media yang dilakukan sebanyak 2 kali memperoleh persentase tahap validasi I 75%, tahap validasi II 95% dinyatakan layak tanpa revisi. Hasil validasi ahli materi dilakukan sebanyak 3 kali dengan memperoleh hasil pada tahap I dengan persentase 65% kategori baik, tahap validasi II persentase 72,5% kategori baik dan tahap III dengan persentase 92,5% dengan kategori sangat baik, dinyatakan layak tanpa revisi. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket terbuka dan tertutup, yaitu kepada guru di TK Fania Salsabila dan TK Dharma Wanita Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota. Guru berjumlah 4 orang dimana ada 2 orang pada masing-masing TK diperoleh hasil proporsi 89% kategori sangat baik. Selanjutnya buku panduan diuji coba kelompok kecil yaitu peserta didik di 2 TK di Kecamatan Jambi Luar Kota yaitu TK Fania Salsabila dan TK Dharma Wanita Simpang Sungai Duren. Hasil Penelitian memperoleh hasil dengan kategori sangat baik dan telah dikatakan layak sebagai buku panduan yang dapat diterapkan guru di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Wilda
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:45
Last Modified: 12 Jul 2023 04:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52664

Actions (login required)

View Item View Item