Saputra, Agung (2023) PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018-2019 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ENGLISH ABSTRACT.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
Agung Saputra NIM AIA116069.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover1.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (60kB) |
Abstract
Kata Kunci : Persepsi harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian. Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:485) Keputusan pembelian adalah seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih pilihan antara melakukan pembelian atau tidak melakukan pembelian. Jadi, jika hampir selalu ada pilihan, maka hampir selalu pula ada kesempatan bagi para konsumen untuk mengambil keputusan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan keputusan pembelian laptop merk Asus oleh mahasiswa pendidikan ekonomi Angkatan 2018-2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek ASUS pada mahasiswa pendidikan ekonomi Angkatan 2018-2019. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa pendidikan ekonomi Angkatan 2018-2019 berjumlah 137 mahasiswa dan jumlah berjumlah 21 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan studi Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Instrumen (Uji Validitas dan Realibilitas), Uji Prasyarat Analisis (Uji Normalitas, Uji Linearitas), Uji Asumsi Regresi (Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisistas, Uji Analisis Linear Berganda) dan Uji Hipotesis (Uji T, Uji F, Uji Koefisien Determinasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pada variabel harga (X1) t hitung > t tabel yaitu 4,217 > 2,100 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya adalah secara parsial variabel Persepsi harga (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Pada variabel kualitas produk (X2) t hitung > t tabel yaitu 5,383 > 2,100 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya adalah secara parsial variabel kualitas produk (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). 3) Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan uji F diketahui bahwa F hitung = 107,148 > F tabel 3,55 dan nilai signifikan F = 0.000 < a = 0.5. Maka dapat disimpulkan Harga dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pembelian, sehingga hipotesis ketiga dapat diterima. Dan nilai koefisien determinasi (R square) yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,923. Hal ini berarti bahwa 92,3% variabel Keputusan Pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel independent yaitu Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) sedangkan sisanya 7,7% dapat dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SAPUTRA |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:30 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |