Pamela, Nabila Dinda (2023) Desain E-Modul Berbasis Model Pembelajaran GOLD dengan Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI NABILA DINDA PAMELA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu bahan ajar berbentuk E-modul Berbasis Model Pembelajaran GOLD dengan Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 21 Batanghari pada uji coba perorangan, 9 orang peserta didik kelas VIII.2 pada uji coba kelompok kecil, dan seluruh peserta didik kelas VIII.1 yang berjumlah 30 orang pada uji coba lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa e-modul yang didesain menggunakan aplikasi Canva, isi materi bangun ruang sisi datar pada e-modul berbasis tahapan GOLD yaitu Guided, Organizing, Leflet, dan Discovery, selain itu didalamnya juga mengandung indikator kemampuan spasial yang terdiri dari spatial perception, spatial visualization, mental rotation, spatial relation, dan spatial orientation. E-modul yang didesain termasuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi tim ahli dari segi materi adalah 80% (sangat valid) dan dari segi desain adalah 86% (sangat valid). Hasil angket kepraktisan oleh guru adalah 86% (sangat praktis) dan kepraktisan peserta didik adalah 89% (sangat praktis). Dan hasil angket keefektifan e-modul oleh peserta didik melalui angket respon sebesar 89% (sangat efektif) dan dari hasil tes kemampuan spasial diperoleh skor rata-rata 75,83 dengan besar nilai gain yaitu 0,70 yang menunjukkan kemampuan spasial peserta didik meningkat dibanding sebelum menggunakan e-modul berbasis model pembelajaran GOLD dengan berbantuan Augmented Reality. Kata Kunci : E-Modul, GOLD, Augmented Reality, Kemampuan Spasial, Bangun Ruang Sisi Datar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PAMELA |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:42 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 01:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |