pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri di MtsN 2 Kota jambi

andriyani, putri (2023) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri di MtsN 2 Kota jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak Putri Cantik.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA babee.pdf

Download (79kB)
[img] Text
skripsi lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Image
Pengesahan.JPG

Download (147kB)

Abstract

Peserta didik sangat membutuhkan orang lain, terutama interaksinya dengan teman sebaya. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat proses interaksi antar teman sebaya yang dapat membentuk kepercayaan diri siswa. Apabila siswa memiliki hubungan yang kurang baik dengan teman sebayanya maka akan berpengaruh terhadap kepercayaan dirinya. Kemudian akan berdampak pula proses pembelajarannya disekolah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar keberhasilan dan pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa disekolah dan diharapkan adanya pengaruh yang signifikan pada interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di MTSN 2 Kota Jambi. Subjek penelitian ini siswa MTSN 2 Kota Jambi dengan populasi 387 siswa dan dijadikan sampel sebanyak 80 siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, penelitian yang dilakukan setelah kejadian atau penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang sudah pernah terjadi kemudian untuk mencari tahu factor penyebab dari factor yang diteliti. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa suku tesis pertanyaan pada BAB I telah terjawab yaitu adanya pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII MTS N 2 Kota Jambi dengan nilai signifikan 0,04 < 0,05 yang dimaknai bahwa variable interaksi teman sebaya (X) terbukti memiliki pengaruh besar 17,3% terhadap variable kepercayaan diri siswa (Y) dimaknai sangat tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan informasi bagi penelitan berikutnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ANDRIYANI
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:46
Last Modified: 14 Mar 2025 04:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52912

Actions (login required)

View Item View Item