REZEKI SAPUTRI, TITIN (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS TPACK DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BARISAN. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
TESIS_TITIN REZEKI SAPUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB V TITIN..pdf Download (266kB) |
Abstract
ABSTRAK Saputri, T.R. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis TPACK dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pola Barisan. Tesis, Program Magister Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Kamid, M.Si.., (II) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si. Kemampuan pemecahan masalah siswa, perlu dilakukan model pembelajaran yang lebih efektif dan gaya berfikir siswa untuk merangcang rencana pembelajaran oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran melalui Project Based Learning (PjBL) berbasis TPACK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beserta interaksi model pembelajaran project based learning berbasis TPACK dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Nurul Falah Kota Jambi pada materi Pola Barisan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan menggunakan desain factorial 2x3 dan teknik Analisis varian (ANAVA) dua jalur. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Intrumen yang digunakan adalah Instrumen Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk menentukan gaya kognitif siswa dengan 18 soal dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dengan 10 soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis TPACK terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Nurul Falah Kota Jambi pada materi Pola Barisan dengan nilai signifikansinya adalah sebesar 0,000<0,05; (2) Terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Nurul Falah Kota Jambi pada materi Pola Barisan dengan nilai signifikansinya adalah sebesar 0,000<0,05; dan (3) Terdapat interaksi model pembelajaran project based learning berbasis TPACK dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Nurul Falah Kota Jambi pada materi Pola Barisan dengan nilai signifikansinya adalah 0,041<0,05. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, PjBL, TPACK, Gaya Kognitif. ---------------------------------------------------------- ABSTRACT Saputri, T.R. 2023. The Effect of Project Based Learning Based TPACK and Cognitive Style on Students' Matematical Problem Solving Ability in Sequence Pattern Material. Thesis, Masters Program in Mathematics Education, Mathematics Education and Natural Sciences, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. Advisor : (I) Prof. Dr. Kamid, M.Si.., (II) Dr. Dra. Mujahidawati,M. Si. Students' problem-solving abilities, it is necessary to do more effective learning models and students' thinking styles to design lesson plans by the teacher. One of the learning models that can be used is learning through TPACK-based Project Based Learning (PjBL). The purpose of this study was to determine the effect and interaction of the TPACK-based project-based learning model and cognitive style on the problem-solving abilities of students at MTs Nurul Falah Jambi City on the Barisan Pattern material. This research is a quasi-experimental study using a 2x3 factorial design and a two-way analysis of variance (ANAVA) technique. The sample class was taken using the Simple Random Sampling technique. The instruments used were the Group Embedded Figure Test (GEFT) instrument to determine students' cognitive styles with 18 questions and the Problem Solving Ability Test with 10 questions. The results of the study concluded that: (1) There is an influence of the TPACK-based Project Based Learning (PjBL) learning model on the problem solving abilities of MTs Nurul Falah students in Jambi City in the Sequence Pattern material with a significance value of 0.000<0.05; (2) There is an influence of cognitive style on the problem solving abilities of MTs Nurul Falah students in Jambi City in the Sequence Pattern material with a significance value of 0.000 <0.05; and (3) there is an interaction of the TPACK-based project based learning model and cognitive style on the problem solving abilities of students at MTs Nurul Falah, Jambi City in the Barisan Pattern material with a significance value of 0.041<0.05. Keywords: Problem Solving Ability, PjBL, TPACK, Cognitive Style.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving Ability, PjBL, TPACK, Cognitive Style. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SAPUTRI |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 06:53 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 12:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |