Pengembangan flash Card Multimedia pada Materi Bakteri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Putri, Rizky Amalya (2023) Pengembangan flash Card Multimedia pada Materi Bakteri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. S2 thesis, Pascasarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
tesis lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
bagian depan upload.pdf

Download (184kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Abstrak Tesis Rizky fix (5).pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB VI (4).pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA tesis (5).pdf

Download (376kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi abad 21 yang ingin dicapai pada proses pembelajaran di sekolah, hal ini dapat dicapai dengan adanya pengembangan bahan ajar yang mendukung kompetensi tersebut salah satunya dengan flash card multimedia pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biologi berbasis multimedia pada materi bakteri untuk siswa kelas X SMA melalui uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Penelitian ini dilakukan di SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee and Owens dengan 5 tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan soal pretest-posttest berpikir kreatif terhadap 20 siswa kelas X SMA Adhyaksa I Jambi. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 88,3% dan ahli media diperoleh persentase 83,5% menunjukkan bahwa flash card multimedia yang dikembangkan dalam kategori sangat baik. Hasil respon guru diperoleh persentase 95% dalam kategori sangat baik. Hasil respon siswa terhadap flash card adalah sangat baik dengan persentase 88,8%. Hasil analisis pretest-posttest kelompok besar dengan uji N-Gain yang diperoleh 0.76 berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan flash card multimedia pada materi bakteri layak dan efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kata kunci: Media pembelajaran, flash card, bakteri, berpikir kreatif.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Putri
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:25
Last Modified: 20 Jul 2023 04:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54110

Actions (login required)

View Item View Item