Alfadhilah, Amaliah (2023) Penggunaan Terapi Musik untuk Mereduksi Kecemasan Siswa Berbicara di Depan Kelas SMP Negeri 19 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI AMALIAH ALFADHILAH FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN PUTRI.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (624kB) |
Abstract
Kecemasan berbicara di depan kelas dapat dikatakan sebagai penghambat dalam proses belajar siswa. Penilaian guru di sekolah terhadap siswanya bukan saja di lihat dari hasil belajar tetapi juga keaktifaan siswa didalam kelas. Fenomena yang terdapat di SMP Negeri 19 Kota Jambi terdapat siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas sehingga dapat menghambat proses belajarnya di dalam kelas. Tujuan penelitian ini mengungkapkan efektivitas penggunaan terapi musik untuk mereduksi kecemasan siswa berbicara di depan kelas. Terapi musik yang peneliti gunakan pada penelitian ini ialah menggunakan musik klasik karya Mozart. Menurut Djohan (2006;25) semua terapi musik mempunyai tujuan yang sama yaitu membantu klien untuk mengekspresikan perasaan, membantu rehabilitasi fisik, memberikan pengaruh positif terhadap kondisi hati dan emosi. Menurut Muslimin & Maswan (2021) dalam disiplin ilmu komunikasi, rasa malu atau kecemasan dikenal dengan rasa cemas dengan tindak komunikasi yang akan dan sedang dilakukan dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental Design atau penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas VIII A & VIII B berjumlah 59 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan ialah angket (kuesioner) kecemasan berbicara di depan kelas. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase dengan formula C, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecamasan siswa berbicara di depan kelas pada kelas eksperimen untuk pretest yakni sebesar 1546 dan untuk posttest sebesar 1245. Sedangkan untuk kelas kontrol yakni untuk pretest sebesar 1454 dan untuk posttest 1340. Berdasarkan hasil perhitungan t-test di peroleh Thitung yaitu sebesar -2,553. Adapun nilai dari Ttabel dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,05 yaitu sebesar 2,160. Dapat dihitung bahwa Ttabel > Thitung sehingga hipotesis dinyatakan diterima atau terapi musik efektif untuk mereduksi kecemasan siswa berbicara di depan kelas VIII A SMP Negeri 19 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Berbicara, Terapi Musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Alfadhilah |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:31 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 04:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |