PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK (MOZART) TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK AUTISME DI SLBN PROF.DR.SRI.SODEWI.MASJCHUN SOFWAN, S.H KOTA JAMBI

Ananda, Fenni Dwi (2023) PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK (MOZART) TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK AUTISME DI SLBN PROF.DR.SRI.SODEWI.MASJCHUN SOFWAN, S.H KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
SKRIPSI_FENNI DWI ANANDA_G1B119014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi anak autisme di Indonesia mencapai 2,4 Juta dalam beberapa tahun. Anak autisme memiliki kesulitan dalam tumbuh kembang terutama pada kemampuan berbahasa. Kemampuan berbahasa merupakan aspek penting yang harus dimiliki setiap orang. Ada berbagai metode untuk membantu dalam mengembangkan kemampuan berbahasa salah satunya ialah terapi musik klasik (mozart). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik (mozart) terhadap kemampuan berbahasa anak autisme di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, S.H. Kota Jambi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimental dengan rancangan one groups pre test-post design. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Uji statistik menggunakan uji paired-sample ttest. Hasil: Hasil uji statistik menggunakan Shapiro-wilk, diperoleh hasil p-value = 0.05 > α 5%. Adanya pengaruh pemberian terapi musik klasik (mozart) dimana pada saat dilakukan pre-test didapatkan kemampuan berbahasa responden terbanyak pada kategori kurang dan setelah dilakukan post-test kemampuan berbahasa responden terbanyak pada kategori baik. Kesimpulan Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian tearpi musik klasik (Mozart) terhadap kemampuan berbahasa pada anak autisme. Diharapkan orang tua atau guru dapat memberikan terapi musik sebagai tambahan dalam membina anak autisme guna meningkatkan kemampuan berbahasa. Kata Kunci : Terapi musik klasik, Kemampuan berbahasa, Autisme

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Ananda
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:03
Last Modified: 24 Jul 2023 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54471

Actions (login required)

View Item View Item