Walindarahma, SRI (2023) Hubungan layanan informasi dalam bimbingan dan konseling dengan self-efficacy siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
apus.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
SRI ANNISA WALINDARAHMA (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
![]() |
Text
lembaran pernyataan icakk.pdf Download (185kB) |
Abstract
Salah satu yang berperan penting dalam setiap individu untuk mencapai tujuan diri yang diharapkan agar bisa menjalankan tugas dan melewati masalah adalah self-efficacy. Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimiliki untuk mengatur dan melaksankan tindakan serta mampu bertahan menghadapi tantangan dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dimana self-efficacy dapat dipengaruhi oleh layanan informasi pribadi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan layanan informasi pribadi dengan self-efficacy siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi kelas VII. Layanan informasi priadi yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu bantuan yang diberikan kepada individu agar dapat mencapai tujuan dan tugas perkembangan pribadi dalam mewujudkan pribadi yang mampu bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan secara baik (Tohirin, 2014:122). Sedangkan self-efficacy yang dimaksud yaitu keyakinan atas kemampuan individu untuk mengatur dan melaksanakan tindakan yang diperlukan untuk menghasilkan pencapaian tertentu dilihat dari magnitude, generality, strength (Susanto, A. M. P. 2018:285). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi dengan analisis korelasi pearson product moment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi yang berjumlah 259. Adapun penarikan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 52 siswa atau 20% dari jumlah populasi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket yang memiliki 22 item pada variabel layanan informasi pribadi dan 20 item untuk self-efficacy.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sedang atau memadai antara layanan informasi pribadi dengan self-efficacy siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan hasil persentase dari variabel layanan informasi pribadi sebesar 83% berada pada kategori baik dan hasil analisis persentase self-efficacy sebesar 74,2% berada kategori baik. Hasil analisis korelasi antara variabel layanan informasi pribadi dengan self-efficacy siswa r hitung sebesar 0,443 dan r tabel adalah 0,2732. Artinya 0,443 > 0,2732 sehingga Ha di terima dan Ho ditolak, engan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang memadai antara layanan informasi dengan Self-efficacy siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi. Maka dari itu, disarankan agar guru bimbingan dan konseling bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas layanan informasi pribadi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Walindarahma |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 07:00 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |